Keuntungan dan kerugian dari pencarian kerja melalui Internet

Saat ini Internet telah menjadi alat yang mungkin paling nyaman untuk mencari pekerjaan. Setiap hari semakin banyak pelamar datang ke kesimpulan ini. Menurut statistik, 8 orang dari 10 menggunakan internet untuk mencari pekerjaan. Dan cara ini benar-benar memiliki sejumlah keunggulan.

Untitled

Hari ini ada banyak sumber daya khusus di mana Anda dapat menemukan pekerjaan yang cocok, posting resume Anda, dan hubungi majikan Anda. Job Search Engines, misalnya Jooble, mempunyai struktur yang sangat nyaman. Anda hanya perlu memilih bidang kekosongan yang Anda tertarik, dan mengatur parameter pencarian yang diperlukan.

Keuntungan lain yang penting dari pencarian kerja melalui Internet adalah update reguler lowongan. Munculnya usulan baru calon dapat mengetahui segera setelah pemasangan mereka. Kemampuan untuk merespon langsung ke lowongan dan mengirim resume ke majikan dapat secara signifikan menghemat waktu dan meningkatkan kemungkinan bahwa pekerjaan ini untuk Anda.

Kelemahan dari pencarian kerja melalui Internet adalah kemungkinan menghadapi penipuan, yakni iklan palsu dengan tawaran kerja atau spam. Tujuan dari penipuan ini biasanya mengumpulkan pemerasan uang atau informasi pribadi. Untuk menghindari tabrakan dengan penipuan serupa, penting untuk diingat bahwa Anda tidak dapat memberikan informasi yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, seperti nomor paspor atau sosial asuransi, nomor kartu kredit melalui Internet. Selain itu, lebih baik gunakan situs web yang telah diuji, di mana tersedia kebijakan pribadi. Juga layak memeriksa keaslian majikan oleh sumber lain.

Popularitas banding ke Internet untuk mencari pekerjaan adalah hasil dari fakta bahwa pengusaha menerima sekelompok besar resume yang benar-benar tidak memenuhi persyaratan kekosongan. Biasanya untuk mengatasi aliran informasi “kosong” ini, majikan menggunakan trik tertentu. Misalnya, seleksi resume untuk kata kunci. Hasil yang baik bisa terdapat dari sebuah pilihan dengan memasukkan tes kecil ke dalam teks lowongan pekerjaan. Jadi majikan dapat segera membuang resume yang dikirim atas permintaan “biarlah”, tanpa ketertarikan serius dengan kekosongan tersebut.

Mengingat fitur berikut menyortir surat, pelamar harus mendekati masalah ini dengan lebih serius, yakni kirim lamaran hanya untuk lowongan-lowongan yang benar-benar menarik bagi Anda dan memperhatikan informasi yang terkandung dalam tawaran pekerjaan.

Kesimpulannya, kami ingin meningatkan bahwa meskipun Internet adalah cara mudah untuk mencari dan menjalin kontak dengan majikan, tetapi komunikasi virtual, tidak peduli seberapa sukses itu bocor, tidak bisa menjadi jaminan bahwa majikan akan memilih Anda. Dalam kasus apapun, keputusan terakhir selalu tergantung dari jenis kesan yang Anda membuat pada saat mewawancarai.

Oleh Emma Khusairi

Jooble

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *