Khasiat dan Manfaat Jitu dari Kopi

Khasiat dan Manfaat Jitu dari Kopi – Meminum kopi sudah menjad tradisi bagi warga di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Kopi sendiri sudah memiliki banyak penggemar di Indonesia, baik dari kalangan laki-laki maupun dari kalangan perempuan, bahkan dari jenjang usia yang berbeda – beda pula. Selain dikenal memiliki banyak penggemar, kopi juga memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh kita selain yang dikenal sebagai penghilang rasa kantuk. Manfaat dari kopi untuk kesehatan tubuh manusia di antaranya adalah dapat mengurangi efek dari penyakit kanker hati dan kanker usus besar. Masih banyak manfaat dari kopi bagi tubuh manusia. Lalu apa saja keuntungan dari mengkonsumsi kopi bagi tubuh kita? Apa pula efek negatif dari mengkonsumsi kopi?

kopi

Berikut ini beberapa manfaat dari kopi bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Mengurangi efek penyakit diabetes

Sebanyak 20 studi yang telah dikerjakan di seluruh dunia menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi dapat mengurangi resiko penyakit diabetes jenis 2 hingga 50%. Beberapa peneliti mengira bahwa ini disebabkan oleh asam klorogenikdidalam kopi yang bertindak untuk memperlambat penyerapan gula saat berada di pencernaan, selain itu asam klorogenik juga merangsang pembentukan glp-1.

  1. Mengurangi efek kanker

Sebuah riset yang berkelanjutan menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi dapat mengurangi resiko kanker hari, kanker payudara dan kanker usus besar.

  1. Mengurangi resiko dari Sirosis

Beberapa orang yang mengkonsumsi kopi memiliki resiko untuk terserang sirosis lebih kecil terutama bagi penderita sirosis karena kecanduan alkohol

  1. Mengurangi resiko terserang Parkinson

Kopi juga memiliki keuntungan bagi peminumnya untuk mengurangi resiko terserang parkinson ½ lebih rendah daripada mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kopi tidak menambah resiko untuk terserang penyakit jantung, justru dengan mengkonsumsi kopi dapat mengurangi resiko serangan jantung dan kematian sebelah pada tubuh. Penelitian ini telah di ujikan kepada lebih dari 83.000 wanita dengan umur sekitar 24 tahun. Penelitian ini menunjukkan bahwa bagi wanita yang mengkonsumsi kopi sebanyak 2 – 3 cangkir sehari memiliki resiko terkena tubuh mari lebih rendah 19% daripada mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

  1. Manfaat kognitif dari mengkonsumsi kopi

Studi yang dilakukan di Prancis terhadap 4.197 wanita dan 2.820 pria menunjukkan bahwa meminum kopi sekurang-kurangnya 3 cangkir kopi dalam sehari dapat menghalangi penurunan daya ingat pada wanita, tetapi hal ini tidak berlaku pada laki laki. Hal ini dikarenakan wanita lebih sensitif terhadap kefein dari pada pria.

Selain memiliki banyak keuntungan, mengkonsumsi kopi juga memiliki beberapa efek negatif apabila dikonsumsi secara berlebihan dan secara teus menerus. Mengkonsumsi kopi secara berlebih dapat meningkatkan produksi asam lambung, hal ini dapat mengakibatkan beberapa penyakit yang bebrbahaya. Beberapa penyakit ini adalah maag yang akut serta kembung. Bagi penderita maag mengkonsumsi kopi akan sangat berbahaya apabila tubuh dalam kondisi yang tidak baik, lambung belum mendapatkan asupan makanan, atau memang lambung tidak dapat menerima kopi. Bagi beberapa orang yang memilliki keinginan untuk menikmati kopi tetapi kondisi tubuh yang tidak dapat menerima ianjurkan untuk meminum kopi ekstrak yang memiliki kafein dan kandungan asam yang lebih rendah daripada kopi hitam biasanya, kopi alternatif bagi para penikmat kopi yang dimaksud adalah produk kopi ekstrak yang sudah sering dijual di pasaran seperti kopi white.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *