Khasiat dan Manfaat Spirulina bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Spirulina bagi Kesehatan Tubuh – Spirulina merupakan organisme yang ukurannya kecil (mikro) atau ganggang yang telah diketahui hidup sejak 3,6 miliar tahun yang lalu.

Spirulina dikenal sebagai sumber nutrisi alami karena spirulina memiliki kandungan serta manfaat yang paling lengkap dibandingkan sumber-sumber nutrisi lain untuk kesehatan.

sepu

Struktur sel spirulina sama dengan struktur sel pada bakteri yaitu prokariotik (tidak memiliki intisel), termasuk golongan ganggang biru hijau dan termasuk monera.

Spirulina memiliki ukuran yang kecil (mikroskopis), banyak ditemukan pada perairan dan tempat yang lembab.

Spirulina mengandung vitamin serta mineral yang lengkap.  Spirulina merupakan satu-satunya sumber nutrisi yang mengandung vitamin B kompleks paling lengkap (B1, B2, B3, B6, dan B12). Dalam Setiap 10 g spirulina mengandung vitamin B1 (thiamin) 0,31 mg B6 (pyridoxine) 80 mcg, , B3 (niacin) 1,46 mg, B12 (cobalamine) 32 cg dan B2 (riboflavin) 0,35 mg.

Beberapa keunggulan yang dimiliki Spirulina dibandingkan suplemen lainnya adalah:

Meningkatkan imunitas tubuh

Spirulina dapat meningkatkan sistem imun kita sehingga kita tidak mudah atau terserang penyakit.

Ada penelitian terbaru yang membuktikan bahwa spirulina berperan sebagai stimulan penyembuhan kanker melalui kemampuannya dalam meningkatkan imunitas tubuh (daya tahan tubuh).

Antibodi dan cytokines (protein pelawan infeksi) akan meningkat bila kita mengkonsumsi spirulina sehingga meningkatkan imunitas yang akan membantu menyembuhkan beberapa infeksi serta penyakit lainnya, sebagai contoh kanker.

 Sebagai suplemen protein

Spirulina mengandung protein yang tinggi yaitu asam amino sebanyak 62%  serta memiliki banyak nutrisi lainnya.

Biasanya spirulina digunakan sebagai suplemen alami bagi orang yang sedang membutuhkan protein serta nutrisi yang cukup karena diet atau untuk atlet.

 Mengurangi anemia

Spirulina menstabilkan sel-sel darah merah, sel-sel darah putih serta hemoglobin. Pada percobaan yang dilakukan terhadap hewan bahwa Spirulina mampu meningkatkan hematopoiesis yaitu peningkatan pembentukan sel darah merah yang membuktikan tingginya zat besi yang terkandung dalam spirulina.

 Menyembuhkan alergi

Spirulina dapat melawan adanya reaksi alergi yaitu dengan mencegah pelepasan histamine (zat yang menyebabkan gejala alergi) sebagai contoh mata berair dan hidung tersumbat.

 Mengurangi penyakit yang berhubungan dengan antibiotik

Banyak penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun fungi ataupun virus. Penyakit-penyakit tersebut dapat diatasi dengan spirulina karena spirulina juga bisa berperan sebagai antibiotik sehingga dapat membunuh mikroorganisme yang membahayakan bagi kesehatan kita.

Meskipun bisa membunuh mikroorganisme yang membahayakan dalam tubuh tetapi juga bisa membunuh bakteri baik yang dikenal dengan  probiotik yaitu Lactobacillus acidophilus. Apabila Lactobacillus acidophilus dalam tubuh populasinya berlebih maka dapat menyebabkan diare.

 Meredakan infeksi

Spirulina dapat meredakan infeksi seperti cytomegalovirus, herpes, virus HIV dan  influenza.

 Menghambat pertumbuhan kanker mulut

Penelitian yang dilakukan pada 87 orang yang mengunyah tembakau dan mempunyai precancerous lesion (leukoplakia)membuktikan bahwa spirulina lebih efektif mengurangi lesi atau luka pada mulut dibandingkan dengan menggunakan placebo.

Mengurangi kerusakan lever

Spirulina dapat mengurangi kerusakan lever serta cicirrhosis (gagal lever) pada penderita hepatitis kronis.

Mengurangi risiko kanker

Banyak sekali manfaat yang diperoleh apabila kita mengkonsumsi spirulina diantaranya adalah memperbaiki fungsi pencernaan, meningkatkan fungsi detoksifikas, mengurangi risiko kanker dengan melindungi tubuh dari radikal bebas, menunjang fungsi kardiovaskuler serta dan keseimbangan kolesterol.

Baca Artikel Lainnya :

Mengurangi efek kemoterapi

Banyak efek yang dirasakan setelah atau pasca kemoterapi yaitu mual, muntah, tidak nafsu makan, kepala pusing, sukar tidur, tenggorokan kering ataupun rasa cemas. Efek-efek tersebut dapat diatasi atau dikurangi dengan menggunakan spirulina.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *