Khasiat Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan – Pare, atau momordica charantina. Ia memiliki warna hijau tua dan hijau muda. Buah yang memiliki tekstur keriting ini berbentuk seperti mentimun, biasanya Anda bisa menemukannya di tumis tempe, atau siomay. Mungkin banyak yang berpendapat jika pare memiliki rasa yang tidak enak, hal ini disebabkan karena rasanya yang pahit. Walaupun memiliki rasa yang pahit, akan tatapi ia juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

a

Khasiat pare untuk kesehatan

Bila Anda membicarakan mengenai khasiat dari pare, tentu sangat beragam. Pare memiliki khasiat sebagai penurun panas, bahkan ia juga berfungsi sebagai penguat ginjal, hati dan limpa. Pare juga sering di gunakan untuk berbagai macam pengobatan seperti radang selaput mata, disentri, demam, susah biang air kecil, tukak, keringan yang berlebihan. Namun, untuk Anda yang memiliki masalah dengan lambung, sangat tidak di anjurkan untuk mengonsumsi sayuran ini. Bila Anda kurang percaya dengan khasiat pare, Anda bisa melihat masyarakat di Jepang. Orang Jepang sangat gemar mengonsumsi pare, mereka memiliki umur yang lebih panjang, di banding dengan negara-negara lain.

Khasiat pare untuk kecantikan

Mungkin Anda tidak menduga jika buah yang satu ini juga bisa berfungsi sebagai penambah kecantikan. Ia mampu menghilangkan jerawat yang berada di dalam wajah, terutama bagi mereka yang sedang menginjak masa remaja atau pubertas. Selain kaya dengan serat, pare juga memiliki kandungan vitamin seperti A, B, C, kalsium, asam amino, beta karoten, serta fosfor. Beta karoten ini berfungsi sebagai mengatasi masalah jerawat. Kandungan vitamin c ini juga berfungsi untuk mencegah kerusakan kulit akibat dari sinar ultra violet atau UV. Untuk menghilangkan jerawat, Anda bisa meminum jus pare atau membuat pare menjadi masker.

Pelancar ASI

Masyarakat yang masih menggunakan cara tradisional untuk meningkatkan produktifitas susu, sering menggunakan pare. Pare sering di kenal sebagai sayuran yang berkhasiat untuk ibu menyusui. Pare dapat membantu untuk membuat ASI menjadi kental, sehingga bayi akan cepat kenyang. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara membuat sebagai jus. Anda bisa meminum jus ini setiap pagi atau malam hari, jika terlalu mual dengan rasanya, Anda juga bisa menambahkannya dengan jus melon. Bila kurang menyukai jus, Anda juga bisa menjadikannya sebagai lalapan.

Khasiat pare untuk diet

Mungkin saat ini Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan. Bila Anda masih bingung makanan apa yang bisa Anda konsumsi, Anda bisa memilih pare. Pare ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga perut Anda akan lebih kenyang. Selain itu, pare juga merupakan salah satu buah yang memiliki rendah kalori. Hal ini di buktikan dari satu cangkir pare yang hanya memiliki 16 kalori saja.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Khasiat Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Pingback: Laman tidak ditemukan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *