Kiat Jitu Sukses Ternak Unggas Bebek

Kiat Jitu Sukses Ternak Unggas BebekBudidaya ternak bebek memang bisa menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan, permintaan daging yang satu ini tidak kalah dengan ayam, bahkan harganya lebih tinggi daripada ayam. Semakin hari permintaan orang akan bebek memang semakin bertambah.

Untitled

Bila Anda berminat, Anda bisa menggunakan ternak ini sebagai lading bisnis yang sangat menjanjikan. Ternak bebek agar cepat gemuk memang bukan sebuah hal yang sangat sulit. Ada beberapa hal yang akan membuat Anda sukses beternak hewan yang satu ini.

Kandang bebek

Bila Anda ingin membuka peternakan yang sudah dalam jenis besar, tentu Anda harus menyiapkan modal. Modal ini akan digunakan salah satunya untuk membuat kandang. Kandang bebek di bagi menjadi 2 bentuk panggung dan tanpa panggung.

Bila Anda ingin beternak bebek untuk pedaging, lebih baik Anda membuat kandang panggung yang cenderung mengarah ke matahari terbit. Hal ini akan mendukung kesehatan bebek, tentu saja pada waktu pagi hari bebek-bebek Anda akan banyak terkena sinar matahari yang akan membuat bebek semakin sehat.

Namun bila Anda menggunakan non panggung, Anda harus menyiapkan beberapa lapisan seperti jerami, pasir, kapur, serta sekam. Hal ini di gunakan untuk membantu penyerapan kotoran pada bebek.

Hal yang harus Anda perhatikan sewaktu membuat kandang bebek ialah:

  1. Usahakan kandang yang Anda buat nyaman untuk bebek, kandang juga harus rata serta kering,
  2. Selalu perhatikan suhu yang berada di kandang. Suhu yang baik 27 hingga 30 derajar. Cara untuk merancang suhu ini ialah membuat kandang dengan posisi membujur timur dan barat,
  3. Berilah ruang yang cukup untuk aktivitas bebek tersebut, sesuaikan luas kandang dengan jumlah bebek yang Anda miliki,
  4. Bersihkan secara teratur kandang tersebut.

Memilih bibit bebek

Dalam memilih bibit bebek ini Anda harus berhati-hati, bibit yang baik akan mempengaruhi kelangsungan usaha yang Anda miliki. Sebenarnya kunci dari sebuah kesuksesan ternak bebek ialah pada bibit ini. Lebih baik Anda memilih beternak bebek jantan.

Hal ini dikarenakan bebek jantan memiliki harga bibit yang jauh lebih murah di banding bebek betina. Selain itu, bebek jantan ini juga memiliki masa pertumbuhan yang relative cepat dengan bebek betina. Jadi Anda dapat meraup keuntungan lebih cepat pula.

Pakan bebek

Pakan untuk bebek merupakan hal yang sangat penting yang harus Anda perhatikan. Pakan ini akan mempengaruhi kecepatan dari ternak bebek yang akan Anda jalankan. Anda bisa membuat pakan sendiri seperti menggunakan dedak, sayuran, tepung jagung serta ikan.

Anda juga harus sering menggunakan bahan-bahan organic sebagai vitamin untuk bebek yang Anda miliki. Alasannya bahan organic ini justru yang akan menjadi sebuah vitamin yang sangat sehat serta aman untuk bebek. Selain makanan, Anda juga perlu menjaga kesehatannya dengan memberikan suplemen-suplemen.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *