Kiat-kiat Budidaya Ikan Gurame

Kiat-kiat Budidaya Ikan Gurame – Ikan gurame merupakan salah satu Ikan yang diminati oleh masyarakat untuk dikonsumsi ataupun dipelihara sebagai hiburan di rumah. Di samping itu, Ikan ini bisa dibudidayakan dengan mudah, sehingga menguntungkan oleh petani Ikan tersebut. Bahkan, Ikan ini pun memiliki nilai jual yang relative tinggi dengan jumlah permintaan yang selalu stabil bahkan bisa naik, terutama di bulan puasa.

Untitled

Berbagai pihak terutama tempat makan ataupun Restoran pun menggunakan Ikan ini sebagai menu utama hingga menu yang lainnya, entah itu dijadikan gulai, di goreng ataupun di bakar. Sajian apapun, Ikan ini tetap memiliki rasa yang khas dan tidak membosankan.

Adanya hal tersebut, budidaya Ikan gurame pun memiliki keistimewaan tersendiri. Sebuah sisi yang mempunyai peluang besar untuk dijadikan bisnis yang membawa keuntungan, seperti:

  • Mempunyai harga jual yang relative tinggi, entah itu tiap ekor ataupun dalam satuan kilogram.
  • Bisa dimasak atau dijadikan menu yang beragam.
  • Banyak diminati oleh kelompok ataupun para pribadi, entah itu untuk diperjualkan kembali ataupun untuk dikonsumsi oleh diri sendiri.
  • Mempunyai pengelolaan yang mudah.

Dari pernyataan tersebut, tentu membuat para calon usahawan bisa memilih Gurame sebagai salah satu budidaya yang memberikan keuntungan tersendiri. Sebelum itu, Anda harus mempersiapkan keperluan yang matang, dari jenis bibit Ikan itu hingga kolam sebagai tempat untuk budidaya yang efektif. Mungkin saja di sekitar Anda telah ada yang menekuni bidang ini, tapi Anda bisa menerapkannya dengan hasil yang jauh lebih maksimal. Yaitu pada suatu keuntungan yang besar dari perawatan budidaya yang benar dan juga optimal.

Dalam pengelolaannya, terlebih dahulu siapkan lahan yang bisa menggunakan kolam dari tanah yang terbuka ataupun kolam terpal. Pastikan kolam tersebut bisa digunakan oleh jaring saat memanennya nanti. Bisa dimulai dengan ukuran 5 meter kali 5 meter dengan dalam kolam 1 hingga 1, 5 meter. Pastikan terlebih dahulu kolam tersebut mempunyai kondisi yang baik terhindar dari bahaya hewan yang lainnya. Selanjutnya siapkan air yang tidak memenuhi kolam, sisakan 10 sampai 15 cm untuk jarak air dari tepian.

Setelah kolam terpenuhi oleh air, pastikan air tersebut bersih karena Gurame menyukainya. Anda bisa menaburkan bibit yang berkualitas agar nantinya menghasilkan Gurame yang sama dengan induknya. Tetapi, sebelum memasukkan Ikan ke dalam kolam, sebaiknya siapkan bibit tersebut ke dalam sebuah ember dalam waktu sekitar 20 sampai 30 menit.

Kegiatan ini bertujuan menjadikan Ikan untuk siap beradaptasi tempat yang lain. Bila bibit tersebut tak mampu beradaptasi, maka bisa mati sebelum siap dipanen. Selanjutnya, bisa diberikan makan yang baik yaitu secukupnya saja dari pagi dan sore. Makanan tersebut ialah pelet, sesuaikan ukurannya, bisa yang paling halus terlebih dahulu. Sebagai penyeimbang gizi, Anda bisa mencampurkan beberapa makanan sehat yang lain, seperti Daun pisang, pepaya, kangkung, dll.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

3 thoughts on “Kiat-kiat Budidaya Ikan Gurame

  1. Pingback: Tips Memilih Ikan Arwana Red Super | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Teknik Lengkap Budidaya Ikan Koi 2015 | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  3. Pingback: Tips dan Cara Budidaya Ikan Kakap | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *