Kiat-Kiat Membuat Makanan Ikan Sendiri

Kiat-Kiat Membuat Makanan Ikan Sendiri – Seringkali yang dialami oleh seorang pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya adalah modal. Modal yang paling banyak di gunakan ketika Kita memutuskan untuk mendalami bisnis perikanan ialah pakan. Karena seperti yang Kita ketahui, Kita harus mengeluarkan banyak modal terlebih dahulu, serta memanennya pada saat usia tertentu. Namun sekarang ada terobosan yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan membuat pakan ikan sendiri.

Untitled

Bahan serta cara untuk membuat pakan ikan ini adalah:

Bahan:

  • Tepung ikan, 100 gram
  • Bungkil kacang kedelai, 50 gram
  • Tepung terigu, 80 gram
  • Tepung jagung , 20 gram
  • Dedak, 100 gram
  • Tepung benawa, 30 gram

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu namun dalam keadaan yang kering, aduk hingga merata,
  2. Bila bahan telah menjadi satu, tambahkan air panas secukupnya, campurkan bahan kembali,
  3. Penambahan air dilakukan secara sedikit demi sedikit hingga adonan berbentuk seperti pasta,
  4. Masukkan ke dalam alat pencetak, alat pencetak ini bisa berbentuk seperti gilingan daging,
  5. Pelet yang telah di cetak, potong kecil-kecil, kemudian keringkan,
  6. Anda bisa menggunakan sinar matahari untuk pengeringan secara alami, jika pelet sudah kering, And bisa memasukkannya ke toples.

Pakan ini cocok untuk ikan-ikan seperti nila, kakap, ataupun lele. Segala ikan cocok menggunakan pakan ini selain ikan hias. Mungkin pada saat awal pemberian pakan, ikan-ikan Anda akan sedikit merasa asing dengan rasa pakan. Namun ketika pemberian sudah mulai teratur, mereka akan terbiasa dengan pakan tersebut.

Pakan ini bisa di simpan hingga beberapa minggu, asalkan ketika memasukkan pakan ke dalam toples yang tertutup, Anda memasukkannya dalam keadaan yang kering. Untuk pemberiannya, Anda juga harus memaksimalkan dengan memberikan berbagai jenis vitamin yang berguna untuk ikan. Selain itu perawatan ikan juga harus optimal.

Beberapa manfaat pakan buatan sendiri ini ialah:

  • Harga yang lebih murah, bisanya pakan untuk ikan memang di jual dengan harga yang lumayan tinggi, namun dengan membuat pakan sendiri, Anda bisa menekan biaya pemeliharaan,
  • Pembuatan yang mudah, tidak mengandung racun-racun yang berbahaya, serta bahan yang mudah di peroleh, seperti yang Anda ketahui, bahan-bahan berbagai jenis tepung ini berada di sekitar lingkungan Kita, pembuatannya pun juga tidak rumit serta tidak membutuhkan waktu yang panjang,
  • Tidak mengandung bahan pengawet, tentu pengawetannya dengan cara yang alami, seperti di simpan ketika pelet sudah mengering,
  • Gizi bisa di sesuaikan, Anda bisa meramunya sesuai dengan keinginan Anda,
  • Butiran-butirannya bisa di sesuaikan, jadi bisa diberikan untuk ikan dengan segala umur, bila ingin di berikan untuk anakan, Anda bisa semakin mengecilkan lagi ukurannya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Kiat-Kiat Membuat Makanan Ikan Sendiri

  1. Pingback: Kiat-kiat Budidaya Ikan Gurame | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *