Kiat-Kiat Sukses Dalam Menghadapi Test TOEFL

TOEFL yang merupakan singakatan dari Test Emglish as a Foreign Language merupakan tes untuk mengevaluasi kemampuan seseorang dalam memahami bahasa inggris dalam kaitannya dengan tes bidamg akademik.

f 38

Anda perlu melakukan test TOEFL untuk melamar pekerjaan tertentu yang memungkinkan untuk menggunakan bahasa inggris atau untuk keperluan pendidikan. TOEFL akan mampu mengukur sampai mana keahlian anda dalam berbahasa inggris. Hasil test TOEFL berupa skala angka tertentu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda ketahui dalam menghadapi test TOEFL.

1. Membeli buku soal atau mencari soal di intenet

Buku latihan soal TOEFL sangat mudah didapatkan di toko buku. Jika anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli buku, anda bisa mencari latihan soal di internet. Banyak sekali contoh contoh soal test TOEFL di internet lengkap dengan kunci jawabannya.

2. Melakukan latihan soal sebulan 2 minggu sebelum test

Latihan soal sangat diperlukan sebelum melakukan test TOEFL. Anda wajib melakukan latihan soal rutin setiap harinya agar anda bisa mengetahui pola-pola soal test TOEFL seperti apa. Latihan sangqat diperlukan untuk mengasah otak anda. Semakin sering anda melakukan latihan soal, semakin gampang anda menjawab pertanyaan yang ada dalam soal TOEFL.

3. Tentukan target skor TOEFL anda

Anda perlu menentukan berapa skor TOEFL yang harus anda dapatkan. Jika anda melakukan test TOEFL untuk keperluan pendidikan, syarat skornya berkisar 450-500. Ketika anda melakukan latihan soal dan skor TOEFL belum mencapai target anda bisa berulang-ulang latihan lagi sampai skor target anda tercapai.

4. Tidur cukup dan makan teratur.

Tidur cukup dan makan teratur dapat mempengaruhi kinerja otak anda dalam mengerjakan soal. Jangan begadang dan sarapan terlebih dahulu sehari sebelum test dimulai.

5. Datang ke tempat ujian 1 jam sebelum test dimulai

Datanglah ke tempat test sebelum waktu test dimulai, pastikan masih ada waktu untuk melakukan registrasi ulang dan menunjukkan identitas diri sebelum memasuki ruang tes. Dan jangan pernah datang terlambat, karena jika anda datamg terlambat anda tidak akan diperbolehkan masuk ke ruangan test dan itu berarti anda tidak dapat mengikuti test.

6. Gunakan waktu sebaik mungkin

Jangan terlalu fokus kepada 1 soal saja. Jika ada soal yang sulit dan anda tidak bisa menjawabnya, pilihlah jawaban yang mendekati atau tinggalkan dulu soal itu dan lanjutkan untuk mengerjakan soal yang lain. Karena jika terlalu fokus pada 1 soal itu akan membuang waktu banyak, sedangkan waktu untuk test TOEFL sangat terbatas.

7. Jangan mengosongkan jawaban walau anda tidak tahu                             jawabannya

Lebih baik anda mengisi jawaban yang anda tidak bisa jawab dengan jawaban yang asal. Biasanya test TOEFL tidak ada pengurungan skor, jadi lebih baik anda isi saja siapa tau jawabannya benar.

8. Jangan mencontek

Mencontek tidak akan membuat skor anda menjadi tinggi malah bisa sebaliknya. Anda tidak tahu apakah orang yang anda contek menjawab dengan jawaban yang benar atau tidak. Berusahalah dengan usaha sendiri karena usaha sendiri pasti akan lebih baik.

Selain itu, jika anda ketahuan mencontek oleh pengawas pasti akan kena sanksi tegas yang mengakibatkan anda tidak bis amelanjutkan tes.

Jika anda bersungguh-sungguh dan menerapkan tips-tips diatas maka anda akan berhasil mendapatkan skor TOEFL dengan nilai yang memuaskan. Yang terpenting adalah perbanyak latihan soal karena dengan latihan soal akan membuat anda lebih terlaltih lagi sehingga ketika tes dimulai anda lancar menjawab pertanyaan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *