Kiat Menjaga Lingkungan Hidup untuk Seterusnya

Kiat Menjaga Lingkungan Hidup untuk SeterusnyaMenjaga lingkungan merupakan salah satu upaya yang bermanfaat penting bagi kehidupan individu itu sendiri dan juga yang lainnya, untuk saat ini, nanti dan seterusnya. Penjagaan ini pun bukan hanya bersifat temporary ataupun agenda yang dilaksanakan seminggu satu kali saja, tetapi setiap hari.

a

Bukanlah suatu tindakan yang sulit, karena tersebut cukup mudah dan sangat simpel. Mulai dari tindakan kecil hingga beberapa kebiasaan yang baik. Poinnya ialah penjagaan lingkungan atas tindakan diri sendiri yang nantinya bisa berdampak baik bagi lingkungan diri hingga nanti.

Alasan penting menjaga lingkungan

Tidaklah mudah bilamana Anda tak menyadari betapa pentingnya lingkungan yang sehat dan juga aman. Seperti halnya menjaga kesehatan lingkungan sekitar, mulai dari menggunakan komponen yang aman dan juga pada tindakan yang punya aturan. Dalam artian, tindakan yang dilakukan tidaklah egois untuk kebutuhan saat ini saja, karena pada nanti, tindakan yang sekarang akan berdampak penting bagi seterusnya. Tak peduli apakah itu baik ataupun buruk, untuk itu alangkah lebih baiknya bila tindakan yang dilakukan berdampak baik, untuk lingkungan sekitar dan yang lainnya.

Upaya penjagaan lingkungan

Di sini, menjaga lingkungan pun bisa dimulai dari hal-hal kecil, termasuk pada fokus atas kebiasaan hingga perlakuan yang bijak, seperti:

  • Menggunakan komponen yang aman, sehingga tidak berdampak buruk bagi kesehatan, seperti alat elektronik yang tidak mengandung CFC. Karena zat tersebut berdampak buruk pada lapisan ozon, yang nanti berpengaruh pada kesehatan lingkungan.
  • Membuang sampah di tempatnya, kemudian tidak membakar secara asal-asalan. Karena ada beberapa sampah yang tak boleh dibakar dan hanya dipendam saja akan terurai dengan sendirinya.
  • Melakukan penanaman beberapa pepohonan di tanah yang kosong, sehingga ekosistem alam bisa seimbang.

Manfaat menjaga lingkungan

Berdasarkan beberapa tindakan tersebut, bukanlah suatu hal yang sifatnya merepotkan. Justru tindakan tersebut dapat menjaga lingkungan Anda, termasuk pada kesehatan alam dan diri Anda sendiri. Dimana tindakan tersebut harus dilakukan secara bersama, sehingga terdapat suatu kesepakatan untuk kehidupan bersama yang lebih baik dan juga untuk seterusnya untuk keturunan dan juga pada masa berikutnya.

Rasa peduli terhadap lingkungan

Adanya kesadaran atas tindakan tersebut, sangat penting karena itu bisa menghadirkan rasa peduli yang tinggi terhadap lingkungan. Bila tindakan yang dilakukan ialah seenaknya saja, maka lingkungan pun bisa rusak dan memberikan efek buruk bagi kehidupan manusia itu sendiri. Intinya ialah, umat manusia pun harus memperhatikan alam dan lingkungan sekitar, bukan hanya berkelakuan sesuka hati saja. Jadi, lingkungan sangatlah penting bagi rantai kehidupan manusia dan makhluk hidup yang lainnya.

Dengan begitu, sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan tempat dimana semua tinggal, harus dijaga bukan hanya dimanfaatkan semaunya saja. Karena dalam hal ini, lingkungan akan menjadi faktor penting bagi kehidupan seterusnya atas sebab yang terjadi saat ini.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Kiat Menjaga Lingkungan Hidup untuk Seterusnya

  1. Pingback: Lingkungan Semakin Teduh dengan Pohon Johar Berbunga Kuning | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *