Kiat sukses budidaya itik yang Benar

itikKiat sukses budidaya itik yang Benar – Budidaya itik atau bebek merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, terutama dengan permintaan akan konsumsi unggas ini. Tapi sebelum memulai usaha ini anda harus memahami cara cara yang benar untuk memulai usaha ini, termasuk memahami kendala kendala yang mungkin akan dialami selama proses budidaya unggas ini.

Bagi para peternak mempersiapkan diri dengan pengetahuan untuk memulai usaha ini adalah sesuatu yang penting. Persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai usaha ini yakni:

  1. Kandang untuk itik atau bebek
  2. Bibt unggul itik atau bebek
  3. Pakan ternak
  4. Tata laksana serta perawatan
  5. Pemasaran hasil ternak

Persiapan dari kelima faktor diiatas apabila dilakukan secara baik dan benar akan menghasilkan panen yang memuaskan. Oleh karena itu berikut adalah langkah langkah yang perlu diperhatikan untuk memulai budidaya unggas ini .

  1. Kandang untuk itik atau bebek

Untuk kandang itik dapat menggunakan box, untuk itik remaja dapat menggunakan kandang brower, sedangkan untuk bebek menggunakan kandang layar (untuk bebek pada masa bertelur).

  1. Kondisi kandang untuk itik atau bebek

Untuk pembuatan kandang tidak perlu dari bahan bahan yang mahal, asalkan dapat bertahan lama dan kuat.

  1. Bibit itik

untuk bibit itik usahakan anda membeli itik yang berkualitas, setelah itu anda dapat memelihara induk jantan dan betina yang berkualitas setelah panen pertama, atau juga membeli DOD (DAY OLD DUCK) yang sudah memiliki mutu bagus dari tempat yang telah mendapat rekomendasi dari dinas.

  1. Perawatan itik atau bebek

Untuk perawatan ini harus dilakukan ddenagn benar agar bibit yang telah dibeli tadi dapat tumbuh dengan baik. Perhatikan pula kondisi suhu yang serta kelembaban dari kandang untuk pembibitan. Suhu serta kelembaban yang dianjurkan adalah sebagai berikut. Suhu temperatur dari kandang ± 39 ° C, Kelembaban dari kandang Itik/ Bebek berkisar 60-65%, kemudian untuk penerangan kandang Itik/ Bebek diberikan untuk memudahkan pengaturan kandang agar tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian dari kandang.

  1. Pemberian pakan untuk itik atau bebek

Untuk pemberian pakan juga tidak dapat disamakan antara itik dengan bebek yang sudah besar. Pemberian pakan yang benar akan mempengaruhi pertumbuhan dari itik dan bebek. Oleh karena itu berikut adalah keterangan untuk pemberian pakan itik atau bebek yang dibedakan menjadi empat kelompok:

  • Itik atau Bebek dengan umur 0-16 hari diberikan pada tempat pakan datar (tray feeder)
  • Itik atau Bebek dengan umur 16-21 hari diberikan engan tray feeder & sebaran dilantai
  • Itik atau Bebek dengan umur 21 hari samapai 18 minggu disebar dilantai.
  • Itik atau Bebek dengan umur 18 minggu–72 minggu, ada dua cara, yakni untuk 7 hari pertama berikan pakan secara peralihan dengan memperhatikan permulaan produksi itik atau bebek bertelur sampai produksi telur mencapai 5%. Setelah masa itu pemberian pakan itik dilakukan secara ad libitum (terus menerus).
  1. Pemberian minuman untuk itik atau bebek

Pemberian minuman ini juga sangat berpengaruh, berikut adalah cara untuk memberikan minum pada itik atau bebek sesuai dengan usianya:

  • Itik atau Bebek dengan umur 0-7 hari, 3 hari pertama air minum ditambah vitamin & mineral, tempatnya asam seperti untuk anak ayam.
  • Itik atau Bebek dengan umur 7-28 hari, berikan minum pada tempat minum dipinggir kandang kemudian berikan air minum secara ad libitum (terus menerus)
  • Itik atau Bebek dengan umur 28 hari-afkir, berikan minum pada tempat minum dengan bentuk persegi panjang dgn ukuran 2 m x 15 cm dan tingginya 10 cm untuk 200 hingga 300 ekor. Setiap hari dibersihkan.
  1. Pemeliharaan kandang

Lakukan pembersihan kandang secara teratur agar ternak bisa hidup sehat dan terhindatr dari virus dan penyakit yang berbahaya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *