Kiat sukses budidaya tanaman wortel

wrtlKiat sukses budidaya tanaman wortel – Wortel merupakan salah satu jenis dari sayuran yang sering di konsumsi di Indonesia. Tanaman ini adalah merupakan jenis sayuran umbi yang biasanya memiliki warna jingga atau juga putih dan memiliki tekstur serupa dengan kayu. Wortel merupakan tumbuhan biennial (memiliki siklus hidup 12 -24 bulan), wortel juga menyimpan karbohidrat dalam jumlah yang cukup besar untuk tumbuhan tersebut.

Wortel sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara yang disukai oleh banyak orang. Mulai dari sayur wortel, jus wortel, nugget wortel, salad buah wortel dan masih banyak lagi. Oleh sebab itulah banyak orang yang memiliki keinginan untuk membudidayakan wortel sebagai salah satu peluang usaha. Sebelum terjun dalam usaha untuk membudidayakan wortel ada baiknya bagi anda untuk mempelajari kiat sukses dam membudidayakan wortel. Berikut adalah beberapa unsur yang perlu diperhatikan sebelum anda terjun dalam membudiayakan wortel.

SYARAT TUMBUH

  1. Tanah

Dalam pembudidayaan wortel sifat dari tanah yang diperlukan adalah tanah yang memiliki tekstur yang baik. Jenis tanah yang baik seperti andosol, alluvial, latosol dan regosol yang banyak terdapat di daerah dataran tinggi di Indonesia. Namu juga tidak menutup kemungkinan untuk membudidayakan di daerah dataran rendah.

  1. Suhu

Suhu juga merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap proses metabolisme dari tanaman, baik respirasi, fotosintesis, transpirasi absorpsi, hara, pembelaha sel, serta aktifitas enzim. Suhu yang optimal untuk pertumbuhan serta pembentukan umbi yang normal berkisar antara 15,6 – 21,1 C.

  1. Curah hujan

Curah hujan juga memegang peranan penting dalam produktifitas dari tanaman. Curah hujan disini memiliki keterkaitan dengan persediaan air tanah. Apabila tanah kekurangna air akan berdampak pada pertumbuhan tanaman, sedangkan apabila air tanah terlalu berlebih juga akan mengakibatkan tanaman mudah untuk terserang penyakit. Daerah yang sesuai untuk membudidayakan wortel adalah daerah yang memiliki iklim basah dan iklim agak basah.

  1. Kelembaban

Kelembaban udara yang sesuai dalam membudidayakan wortel berkisar pada 80 – 90 %. Kelembaban yang terlalu tinggi juga akan merangsang pertumbuhan dari cendawan atau penyakit. Pada daerah dengan kelembaban yang terlalu tinggi akan menutup stomata sehingga penyerapan CO2 juga akan terganggu dalam proses fotosintesis.

  1. Intensitas sinar matahari

Sinar matahari merupakan sumber energi dalam proses fotosintesis. Apabila tanaman kekurangna sinar matahari akan menghambat proses fotosintesis sehingga akan mengganggu proses pembelahan organ vegetatif dan generativ. Kondisi seperti ini akan mengakibatkan tanaman mengalami kegagalan dalam proses fotosintesis serta tanaman tidak akan membentuk umbi dengan baik.

Semakin besar intensitas sinar matahari yang diperoleh tanaman akan berpengaruh pada proses pembentukan umbi serta waktu pembungaan.

Setelah media tanam untuk pembudidayaan wortel sudah disiapkan dengan baik, maka proses selanjutnya adalah penyiapan benih wortel yang baik. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan benih. Berikut adalah beberapa faktor yang akan mempengaruhi hasil panen wortel.

  1. Persyaratan benih
  2. Penyiapan benih
  3. Teknik penyemaian benih
  4. Pemeliharaan dan pembibitan atau penyemaian

Setelah mengetahui media serta pembibitan wortel yang akan dibudidayakan hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah proses penanaman, pemupukan tanaman, perawatan tanaman dari serangan hama serta gulma, pengairan tanaman, serta proses panen yang baik dan benar agar hasil panen diperoleh dengan maksimal, serta proses penyimpanan dan pendistribusian.

 

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *