Kisah dan Sejarah dalam Pembuatan Patung Pancoran

Monumen Patung Dirgantara atau lebih dikenal dengan nama Patung Pancoran ialah salah satu patung yang ada di Jakarta. letak patung ini berada di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Letaknya tepat di depan kompleks perkantoran Wisma Aldiron Dirganara yang dulunya merupakan Markas Besar TNI Angkatan Udara.

f 27

Patung ini di rancang oleh Edhi Sunarso pada tahun 1964-1965. Edhi dibantu oleh keluarga Arca Yogyakarta. Proses pengecoran patung ini dilakukan oleh Pengecoran Patung Perunggu Artistik Dekoratif Yogyakarta dipimpin oleh I Gardono.

Tinggi patung ini mencapai 11 meter dan tinggi 11 ton. Sedangkan kaki patung memiliki tinggi 27 meter. Pembangunan patung ini dilakukan oleh PN Hutama Karya dan arsitek pelaksananya adalah IR. Sutami.

Patung ini dibuat atas dasar permintaan langsung Bung Karno yang kala itu menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Bung Karno ingin menampilkan keperkasaan bangsa Indonesia di bidang dirgantara lewat patung pancoran. Keperkasaan disini berarti bangsa Indonesia dapat mengendalikan sifat jujur, berani dan bersemangat.

Pada saat itu Bung Karno meminta Edhi secara langsung untuk mengerjakan patung pancoran. Perlu diketahui, Edhi adalah pematung pematung handal kesayangan Bung Karno. Edhi yang awalnya ragu menerima tawaran itu, akhirnya ia pun bersemangat untuk menggarapnya dengan di bantu teman-teman pematung asal Yogyakarta.

Proyek pembuatan patung ini pun sempat terhenti. Peristiwa 30 September 1965 menjadi pemicu gagalnya pembuatan patung pancoran. Buntut dari semua peristiwa tersebut ialah Bung Karno dilengserkan dan Soeharto diorbitkan.

Baca Artikel Lainnya :

Walaupun nasib patung ini sempat termbang ambil, Bung Karno masih memiliki semangat untuk tetap menyelesaika pembangunannya. Pada saat itu diketahui Edhi datang ke kediaman Bung Karno untuk melaporkan bahwa sebagian pembangunan patung mulai terselesaikan namun terancam gagal karena tidak ada respon dari pemerintah transisi.

Akhirnya Bung Karno memberikan uang sejumlah Rp. 1.700.000,- yang diketahui hasil penjualan mobilnya untuk menyelesaikan pembangunan patung pancoran. Sekarang Patung Pancoran telah berdiri tegak sebagai lambang semagat bangsa Indonesia.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *