Kisah Dibalik Lahirnya Negara Jerman

Berdirinya negara Jerman yang merupakan salah satu bagian dari benua Eropa ini dimulai dari suku-suku Jerman di zaman perunggu Nordik. Suku-suku tersebut membentuk sebuah kontak dengan suku lain seperti suku Slavic, Iranian dan Baltik di Eropa tengah serta suku Celtic dari Gaul. Akan tetapi, tak banyak yang mengetahui secara pasti tentang sejarah negara Jerman ini, terkecuali oleh interaksi suku-suku tersebut dengan kekaisaran Romawi, penemuan arkeologis dari suku-suku sekarang yang sudah mengalami suatu perubahan menjadi lebih modern.

fi 83

Saat abad ke 1, para pasukan dari Romawi ini melakukan sebuah perjalanan panjang untuk menuju ke Germania. Dalam tujuan tersebut tak lancar dan setelah melawan akhirnya suku Jerman bisa mengalahkan pasukan Romawi di tahun 9.Pada tahun 100 para suku Jerman bermukim di Rhine dan Danube. Daerah inilah yang sekarang telah berubah menjadi area Jerman modern.

Tahun 486 merupakan tahun berdirinya negara Jerman yang dimulai dengan pemerintahan kerajaan oleh suku Frank. Namun era kerajaan ini berakhir di tahun 768 karena raja Frank sudah meninggal dan digantikan oleh anaknya dari tahun 771 hingga 814. Di tahun 936 telah memperkuat adanya otoritas sebuah kerajaan. Dalam pernyataan tersebut menyatakan bahwa adanya perjanjian gerejawi dengan program Carolingian.

Kini, pada abad 16 tiba dan saat inilah masa dimana era negara Jerman baru telah dimulai. Terjadinya sebuah reformasi di tahun 1517 ini terjadi karena ketidakpuasan gereja katolik. Hingga pernyataan tersebut sangat mudah tersebar luas dan akhirnya terjadilah adanya pemberontakan antara para rakyat yang melawan pangeran dan raja yang berkuasa. Akhirnya, dalam peristiwa pemberontakan ini dimenangkan oleh para rakyat.

Dalam masa pemberontakan tersebut, terjadi beragam peristiwa yang menjadikan area Jerman mengalami banyak perubahan. Seperti peristiwa perang tiga puluh tahun mulai dari tahun 1618 sampai tahun 1648.Tak cukup sampai di situ terjadi pula revolusi Prancis yang terjadi pada era 1789 hingga 1815.Di tahun 1815 ini juga dibuatlah sebuah konferedasi jerman yang melibatkan adanya asosiasi dari 39 negara.

Tujuan dari konferedasi ini untuk menentukan titik wilayah yang menggunakan bahwa Jerman sebagai bahasa kebangsaan. Pada proses ini, negara Inggris menyetujui bahwa masyarakat London membutuhkan area yang nyaman di Eropa tengah. Sehingga mereka bisa bergerak nyaman dan nantinya bisa membantu Prancis dan Rusia.

Sayangnya, konfederasi ini tak lancar karena adanya suatu persaingan dari pihak Prussia yang melawan Austria. Tepatnya di tahun revolusi di tahun 1848 serta adanya anggota lain yang tak dapat diajak bekerjasama. Hingga akhirnya konfederasi ini digantikan di area Jerman utara.

Sejarah besar dari negara Jerman ini bermula di tahun 1857 saat dimana raja dari Jerman diganti oleh Otto von Bismarck. Dari kepemimpinannya ini Otto dapat menyatukan area Jerman dan juga mengembalikan keberadaan Jerman di Eropa.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *