Kisah Legenda Batu Putri Pukes di Takengon, Aceh

Takengon dalah sebuah daerah di Aceh Tengah yang merupakan dataran tinggi. Pemandangan alam di Takengon masih sangat asri, sejuk dan indah. Pada malam hari, udara di Takengon menjadi sangat dingin. Dari kota Banda Aceh ke Takengon dapat ditempuh dengan waktu 6-7 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

f 39

Di Takengon terdapat sebuah danau bernama danau Air Tawar yang menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Banyak warga sekitar yang memancing ikan di danau ini dan tak sedikit juga yang bersantai disekitar danau sambil menikmati panoramanya yang indah

Tidak jauh dari kawasan Danau Air Tawar takengon, terdapat sebuah tempat wisata terkenal di Aceh yaitu Batu Putri Pukes.Yang menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Batu Putri Pukes adalah legendanya yang mirip seperti cerita Malin Kundang. Batu Putri Pukes terletak disebuah goa kecil diatas bukit dimana anda harus menaiki beberapa buah anak tangga untuk sampai ke mulut goa.

Pada jaman dahulu kala, hiduplah seorang putri dari Takengon bernama Putri Pukes. Ia merupakan putri yang cantik dan  banyak sekali pria yang menyukainya. Namun, pada suatu hari ia bertemu dengan seorang pria tampan yang membuatnya jatuh cinta.

Ternyata pria tersebut juga mencintai Putri Pukes dan pria tersebut memutuskan untuk menikahi Putri Pukes. Namun, ternyata ibunda Putri Pukes yang sangat menyayangi Putri Pukes tidak merestui niat baik sang pria yang ingin menikahi Putri Pukes. Ibunda Putri Pukes Kawatir anaknya akan meninggalkannya jika ia menikah.

Walaupun ibunda tidak setuju, itu tidak menjadi penghalang bagi Putri Pukes untuk menikah dengan pria itu. Tidak ada pilihan lain, ibundanya membiarkan saja Putri Pukes untuk menikah dengan pria yang ia cintai itu. Namun, ibunda Putri Pukes berucap jika engkau sudah menikah nanti dan pergi mengikuti suamimu meninggalkan ibu, jangan sedikit pun kamu menengok ke arah ibundamu.

Hingga tiba waktu pernikahan Putri Pukes dengan pria tersebut, ketika akan berpisah dengan ibundanya yang saat itu Putri Pukes dan suaminya beserta pasukan pengawalnya menuju arah bukit, tak sengaja Putri Pukes menengok ke belakang ke arah ibundanya yang sangat sedih ditinggal pergi olehnya. Seketika saja, Putri Pukes berubah menjadi batu.

Ternyata ibundanya berujar didalam hati jika Puteri Puker menengok ke arahnya saat ia akan pergi dengan suaminya ke atas bukit, maka ia akan menjadi batu. Sang pria yang mencari –cari Putri Pukes karena ia berjalan duluan ke arah bukit, sangat kaget melihat istrinya berubah menjadi batu.

Batu itu pun mengeluarkan air mata terus menerus karena kesedihannya yang mendalam harus berpisah dari suaminya dan ibundanya. Hingga kini batu tersebut masih mengeluarkan air mata namun tidak sesering dahulu, dan bentuk batu dari Putri Pukes ini makin lama makin membesar karena tetesan air dari atas mulut gua.

Jika anda penasaran untuk melihat batu ini, silahkan mengunjungi Kota Takengon, dimana gua batu Putri Pukes ini letaknya di sekitaran kawasan Danau Air tawar.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *