Kisah Legenda Nyi Roro Kidul

Kisah dari Nyi roro kidul merupakan salah satu legenda yang sudah ada sejak lampau. Yang mana Nyi roro kidul ini dikisahkan sebagai rau yang cantik jelita meskipun telah hidup sejak lama. Kecantikan yang dimilikinya itu tak pudar. Menurut legenda, Nyi roro kidul ini dipercaya sebagai penguasa yang berada di pantai selatan atau tepatnya di Samudera hindia. Yang mana kanjeng ratu kidul ini dipercaya sebagai penunggu pantai selatan itu dan bersedia untuk mengabulkan permintaan.

fu 19

Dari kisah legenda dan pihak yang percaya, ratu kidul ini menyukai warna hijau, maka di deretan pantai selatan ini dilarang menggunakan warna tersebut. Bila melanggar akan ditarik untuk dijadikan sebagai pelayannya.

Dalam kisahnya, legenda dari nyi roro kidul ini bermula dari sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Munding wangi. Raja ini mempunyai putri yang sangat cantik nan menawan bernama Kadita. Putri Kadita ini mempunyai kecantikan yang begitu mempesona hingga mendapati julukan dewi matahari. Namun, ternyata sang raja tak merasa bahagia sekalipun memiliki putri yang cantik parasnya itu, karena dia ingin mempunyai putra yang akan mewarisi dan melanjutkan tahtanya di kemudian hari.

Hingga suatu ketika, untuk mewujudkan impian ini, sang raja menikah dengan Dewi mutiara. Dari pernikahannya ini, dikaruniai seorang putra. Anak laki-laki itu nantinya yang akan melanjutkan kerajaan dari raja Muding wangi. Namun, Istri kedua yakni Dewi mutiara mempunyai tuntutan untuk menyerahkan seluruh kekuasaan kepada anaknya. Yang mana kuasa tersebut menjadikan anaknya sebagai raja yang akan memimpin kerajaan itu di kemudian hari.

Tuntutan yang pertama ini tentunya disetujui oleh sang raja, namun Dewi mutiara tak hanya meminta satu melainkan ada tuntutan lain yang meminta Kadita untuk pergi dari kerajaan tersebut. permintaan kedua ini tentunya tak akan disetujui dan ditolak oleh raja, karena Kadita adalah putrinya dan tak mungkin untuk mengusirnya.

Mendengar pernyataan dari tidak disetujuinya permintaan yang kedua itu, Dewi mutiara mulai berniat jahat. Dia meminta bantuan dengan seorang wanita sihir yang nantinya akan membuat Kadita terpuruk.

Tindakan tersebut terbukti yakni Kadita yang semula cantik jelita berubah menjadi buruk rupa. Perihal ini tentunya membuat sang raja merasa khawatir dan takut bilamana masalah tersebut menjadi aib bagi kerajaan. Kemudian sang raja memutuskan untuk mengusir Kadita dari kerajaan tersebut. Dengan berat hati, Kadita pergi.

Kadita yang merasa sedih dan terluka kemudian meninggalkan kerajaan tersebut dan sampailah ia di suatu lautan. Dia merasa ada yang memanggil namanya dan suara itu berasal dari arah laut. Tak lama kemudian, ia menceburkan diri ke pantai itu dan ternyata sihir yang menimpa dirinya musnah. Wajahnya yang buruk rupa kembali cantik seperti semula. Sejak saat itulah, Kadita berubah menjadi nyi roro kidul dan membangun kerajaan yang indah di dasar pantai tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *