Kisah Perjalanan Sukses Google

Google adalah salah satu mesin pencari yang terbesar sekaligus terpercaya, terbukti bahwa sampai kini situs ini seringkali dikunjungi untuk mendapatkan beragam informasi. Banyak pihak yang mempercayai akan Google ini tak terlepas dari usaha dan upaya dari Google untuk mencapai kesuksesan tersebut. Yang mana perjalanan Google dari nol hingga sukses seperti ini juga berdasarkan beragam progress dan proses.

fu 18

Di awali dari Sergey brin dan juga Larry page yang mempunyai tugas untuk disertasi. Yang mana untuk tema yang ingin diambilnya itu berdasarkan suatu eksplorasi dari www atau world wide web. Tentunya untuk disertasi ini, Larry dan juga Sergey telah mempelajari beberapa pengetahuan yang bersangkutan dengan tema tersebut.

Seperti pembelajaran dari sebuah struktur kerja dalam bentuk grafik, kemudian dari hasil tersebut dikonsultasikan kepada pembimbingnya. Kemudian pak pembimbing yang bernama Terry winograd ini memberikan masukan berupa ide-ide yang cemerlang dan membantu larry dalam menyelesaikan tugas tersebut.

Dalam kinerjanya, Larry menyebutkan sebuah riset ini dengan nama Blackrub. Larry tak sendirian karena Sergey juga membantunya dan membawa dukungan dari National science foundation graduate fellowship. Dari kinerja dua pihak ini, Larry dan Sergey berhasil menciptakan web crawler untuk berselancar di internet.

Tak terhenti di situ saja, Larry dan Sergey menambahkan Pagerank untuk mendukung kinerja web crawel itu dengan backlink yang berkualitas. Hingga akhirnya menjadikan sebuah hitungan algoritma yang penting. Hasil tersebut menyatakan bahwa crawler yang di support oleh PageRank akan menghasilkan kinerja yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Akhirnya, mesin pencari yang bernama Blackrub ini didukung oleh kinerja dari web crawler dan PageRank. Kemudian nama dari Blackrub ini diubah menjadi Google.

Nama Google diambil dari kata Googol atau bila diubah menjadi angka algoritma ialah 10100.Nama ini merupakan cerminan dari sebuah mesin pencari yang mempunyai jangkauan yang sangat besar untuk menyajikan beragam informasi. Bahkan hingga saat ini pula, mesin pencari tersebut tak henti-hentinya menampilkan sumber informasi berdasarkan kata kunci yang dituliskan pada beranda dari Google itu sendiri.

Google akhirnya menjadi sebuah perusahaan mesin pencari yang besar, tepatnya di Agustus 1998.Namun ternyata proyek dari mesin pencari ini membutuhkan waktu yang tak sebentar dan menjadikan tugas akademiknya menjadi terganggu. Mereka akhirnya menjual mesin pencari tersebut dengan harga us$1.000.000, akan tetapi tak disetujui.

Hingga di lima tahun kemudian setelah study Larry dan Sergey selesai, mereka berdua menjalankan perusahaan tersebut bersama. Rencana kerjasama ini dimulai dari 19 Agustus 2004 untuk kedua puluh tahun kemudian yakni hingga tahun 2024.Bhakan perusahaan ini terus mengembangkan produk yang besar dan menghasilkan nilai saham yang tak kalah sedikitnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *