Kisah Putroe Neng yang Membunuh 99 suaminya di Malam Pertama

Pada jaman peperangan  di Aceh tahun 1600 an, ada seorang wanita keturunan China yang sangat cantik bernama Putro Neng. Sama seperti Cut Nyak Dien, Cut Meutia yang merupakan wanita tangguh yang memimpin peperangan pada saat itu, Putroe Neng juga merupakan seorang wanita tangguh yang memimpin perang melawan musuh.

f 41

Putroe Neng dibantu oleh seorang raja bernama Meurah Johan dalam memimpin perang.  Ternyata, Meurah Johan menyimpan rasa suka terhadap Putroe Neng dan berniat untuk mempersunting Putroe Neng untuk menjadi istrinya.

Dan hari pernikahan itu tiba, hingga pada malam pertama Putroe Neng dan Meurah Johan sebagai sepasang suami istri terjadi tragedi mengerikan. Meurah Johan ditemukan tewas bersimbah darah diatas tempat tidurnya.

Banyak yang menduga bahwa Putroe Neng yang membunuhnya namun karena tidak ada bukti yang kuat anggapan itu redup seinring dengan bertambahnya waktu. Hingga tiba saatnya ia menikah dengan seseorang yang menjadi suami keduanya saat itu.

Ternyata, kejadian yang sama terulang lagi. Suami kedua Putroe Neng tewas dengan keadaan yang sama seperti Meurah Johan, suami pertama Putroe Neng, yaitu tewas di saat malam pertamanya. Hingga kejadian itu terus berulang sampai ke suami yang ke 99.

Pada jaman itu, Putro Neng yang kebingungan kenapa semua suaminya tewas ketika malam pertama, mencari seorang tabib yang dapat menyembuhkannya. Bukannya sembuh, justru tabib tersebut tewas juga ketika mengobati Putroe Neng.

Putroe Neng pasrah saat itu dan menerima saja keadaan yang ia alami. Hingga suatu saat ia dilamar oleh dengan Syeikh Syiah Hudam yang merupakan guru spriritualnya. Ia sempat mengingatkan Syeikh Syiah Hudam sebelum memutuskan untuk menerima pinangannya bahwa 99 suaminya terdahulu tewas saat malam pertama.

Syeikh Syiah pun tak peduli dan tetap bertekad untuk menikahi Putroe Neng. Ketika malam pertama tiba, Syeikh Syiah Hudam menemukan fakta bahwa sesungguhnya di dalam kemaluan milik Putroe Neng terdapat racun yang menjadi penyebab tewasnya 99 orang suami Putroe Neng terdahulu.

Syeikh Syiah Hudam berhasil mengeluarkan  racun tersebut dari kemaluan Putroe Neng dan Syeikh Syiah Hudam merupakan suami ke 100 Putroe Neng yang akhirnya bisa melewati malam pertamanya dengan selamat.

Setelah bertanya-tanya kepada leluhur Putroe Neng, ternyata ditemukan fakta bahwa nenek moyangnya pernah menarukan racun kedalam kemaluan Putroe Neng agar ia tidak menjadi korban keganasan perang pada saat itu. Itulah yang menjadi permasalahan utama mengapa suami-suami Putroe Neng tewas pada saat malam pertama itu. Namun, semenjaak racun itu dikeluarkan dari kemaluan Putroe Neng, pesona kecantikan Putroe Neng lambat laun berkurang tak secantik dahulu.

Hingga akhir hayatnya, Putroe Neng dan Syeikh Syiah Hudam tidak mempunyai seorang anak. Hingga kini, anda bisa melihat makam dari Putroe Neng yang terletak di Desa BlangPulo, Lhoekseumawe yang masih utuh dan terjaga kondisi makamnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

3 thoughts on “Kisah Putroe Neng yang Membunuh 99 suaminya di Malam Pertama

    1. Mas Joko

      Itulah sejarah, jaman dulu dikenal dengan legenda mistis yang luar biasa, mungkin saja benar.. Semoga tidak terjadi pada jaman kita sekarang ini.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *