Klasifikasi dan Definisi Gambut

Klasifikasi dan Definisi Gambut – Kata gambut berasal dari daerah kalimantan selatan. Gambut adalah bahan organik yang basah tertimbun dengan cara alami. Bersifat tidak mampat dan tidak banyak mengalami perombakan. Bukan berarti setiap bahan organik yang tertimbun adalah gambut. Pengertian gambut yang lebih luas merupakan sebuah kendala lingkungan dan lahan bagi lahan pertanian yang sedang dikembangkan. Dalam klasifikasi gambut berada dalam ordo histosol atau organosol yang sifat dan cirinya berbeda dengan tanah mineral pada umumnya.

ik

Tanah di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri dan bisa dikatakan merupakan tanah yang bagus. Tanahnya mengandung unsur hara, strukturnya pun cukup baik, kandungan airnya cukup melarutkan unsur hara, dan terdapat banyak garam-garaman. Di atas telah dijelaskan bahwa klasifikasi gambut masuk dalam tanah organosol, yang termasuk dalam tanah organosol yaitu:

  • Tanah humus, proses pembentukannya dari bahan-bahan organik yang telah membusuk. Ciri-ciri pada tanah ini berwarna hitam, dan terdapat bahan organik. Tanah ini cocok sebagai tanah pertanian karena sangat subur.
  • Tanah gambut terbentuknya dari pembusukan tumbuhan di daerah rawa-rawa. Tanah ini ciri-cirinya unsur haranya rendah dan asam sehingga kurang cocok untuk lahan pertanian.

Klasifikasi gambut berdasarkan sudut pandang yang berbeda yaitu dilihat dari tingkat kematangannya adalah gambut matang (saprik) merupakan gambut yang sudah lapuk dan asal usulnya tidek diketahui, memiliki kandungan serat <15% dan warnanya coklat. Gambut setengah matang (hemik) merupakan gambut setengah lapuk asal usulnya dapat diketahui memiliki kandungan serat 15-17% dan berwarna coklat. Dan terakhir gambut mentah (fibrik) merupakan gambut yang belum lapuk, asal usulnya telah diketahui kandungan seratnya >75%.

Klasifikasi gambut berdasarkan sifatnya ada dua. Pertama sifat kimia, ditentukan oleh keasaman tanah, kadar asam organik, kandungan mineral, dan kandungan sulfur. Gambut di daerah tropis mengandung lignin yang tinggi jika dibandingkan dengan gambut yang berada di iklim sedang sebab terbentuk dari pohon-pohonan. Kedua sifat fisik, pada umumnya sifat fisik gambut berwarna coklat, hitam, dan agak merah. Sifat-sifat gambut yang menonjol gambut kering beratnya ringan, kuat menahan air, tanah gambut memiliki kecepatan massa lebih daripada tanah mineral, keadaan fisiknya tidak berubah.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *