Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bayam

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bayam – Bayam merupakan tanaman yang termasuk ke dalam famili atau suku Amaranthaceae yang dapat dibudidayakan di mana saja, baik itu di dataran rendah ataupun dataran tinggi.

Secara umum terdapat dua jenis bayam yang sering dibudidayakan yaitu bayam cabut atau Amaranthus hibrydus L. dan bayam putih atau Amaranthus tricolor.

Untitled121112345

Meskipun sama-sama bayam, namun terdapat perbedaan yang mencolok diantara keduanya. Perbedaan tersebut diantaranya dapat dilihat dari bentuk daun, bunga dan cabang batang. Sedangkan klasifikasi dan morfologi tanaman bayam dapat dilihat sebagai berikut.

Klasifikasi Tanaman Bayam

Bayam yang memiliki nama ilmiah Spinacia oleracea L. ini dapat diklasifikasikan ke dalam :

  • Kingdom : Plantae atau tumbuhan
  • Divisi atau fillum : Tracheophyta
  • Kelas : Magnoliophyta
  • Famili atau suku : Amaranthaceae (suku bayam – bayaman)
  • Genus : Spinacia L.
  • Spesies atau jenis : Spinacia oleracea L.

Morfologi Tanaman Bayam

Masing – masing struktur tanaman bayam memiliki morfologi sebagai berikut :

  • Morfologi Akar Tanaman Bayam

Berbagai jenis bayam pada umumnya memiliki akar yang sama, yaitu dengan sistem perakaran tunggang serta akar serabut yang berada di bagian atasnya.

Biasanya tanaman bayam memiliki akar dengan kedalaman berkisar antara 20 hingga 40 cm dan bahkan bisa lebih.

  • Morfologi Batang Tanaman Bayam

Tanaman bayam memiliki batang berupa tanaman perdu. Terdapat beberapa jenis tanaman bayam yang memiliki duri pada batangnya.

Batang tanaman bayam mengandung banyak air dan dapat tumbuh tinggi bila ditanam di atas permukaan tanah. Apabila tanaman bayam dilakukan pemangkasan, maka akan tumbuh tunas baru.

  • Morfologi Daun Tanaman Bayam

Daun bayam umumnya berbentuk bulat telur dan pada bagian ujungnya berbentuk agak meruncing dengan urat urat daun yang terlihat jelas.

Daun bayam memiliki warna yang bervariasi mulai dari berwarna hijau tua, hijau muda, hijau agak keputih-putihan, hingga ada daun bayam yang berwarna merah.

Tanaman bayam memiliki daun dengan panjang sekitar 1,5 hingga 6 cm dan lebarnya berkisar antara 0,5 hingga 3,2 cm. Sedangkan bentuk dari tangkai daunnya adalah bulat dengan panjang tangkai berkisar antara 0,5 hingga 9 cm.

  • Morfologi Bunga Tanaman Bayam

Seperti tanaman lainnya, bayam juga memiliki bunga. Bunga yang dimiliki oleh tanaman bayam ini merupakan jenis bunga yang berkelamin tunggal dan tersusun secara majemuk, sedangkan bunga dari tanaman bayam ini berwarna hijau.

Bunga tersebut terdiri dari 5 mahkota dan panjangnya berkisar antara 1,5 hingga 2,5 mm. Tanaman bayam dengan bunga jantan berbentuk bulir, sedang bunga betinanya berbentuk bulat serta memiliki ketiak batang.

Bunga tanaman bayam memiliki mahkota yang terdiri dari benang sari yang berjumlah 1 hingga 5 buah, bakal buah 2 hingga 3 buah, serta daun bunga yang berjumlah 3 hingga 5 buah.

Secara umum bunga tanaman bayam melakukan penyerbukan dengan dibantu oleh angin serta binatang sekitar.

  • Morfologi Buah dan Biji Tanaman Bayam

Tanaman bayam memiliki buah yang berbentuk lonjong. Buah dari tanaman bayam berwarna hijau dan panjang kurang lebih 1,5 mm.

Sedangkan biji dari tanaman bayam berwarna hitam mengkilat dan panjang berkisar antara 0,8 mm hingga 1 mm.

Baca Artikel Lainnya :

Biji tanaman bayam ini berukuran sangat kecil dan halus, selain itu biji tanaman bayam memilliki bentuk yang bukat.

Terdapat beberapa jenis tanaman bayam yang di dalamnya terdapat biji yang berwarna merah dan putih.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *