Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Daun Sirih

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Daun Sirih – Yang dimaksudkan dengan tanaman daun sirih adalah tanaman yang berasal asli dari Indonesia yang batangnya menyebar atau merambat pada tanaman lain. Diperkirakan tanaman ini berasal dari kawasan Asia yang tersebar keberbagai wilayah Afrika, Fuji, hingga menjangkau wilayah Asia lainnya.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Daun Sirih

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Daun Sirih

Di wilayah tersebut di atas tanaman daun sirih memiliki 4 spesies antara lain daun sirih kuning, daun sirih hitam, daun sirih hijau dan daun sirih campur / merah. Saat ini ada banyak sekali spesies daun sirih sehingga mempengaruhi popularitasnya pada masyarakat Indonesia yang menjadi semakin gemar mengkoleksi bahkan mengkonsumsi tanaman daun sirih yang dimaksudkan.

Tanaman daun sirih mulai tersebar di Nusantara dalam skala besar sejak belakangan hari ini seperti di Jawa selain dibudidayakan sendiri di pekarangan – pekarangan rumah warga juga banyak dijumpai tanaman daun sirih yumbuh liar di hutan hujan atau hutan jati hingga mencapai ketinggian sekitar 300 m di atas permukaan laut.

Untuk bisa memperoleh pertumbuhan yang sempurna maka tanaman ini membutuhkan tanah yang kaya akan humus, subur, dan dengan pengairan yang baik. Tanaman sirih mampu tumbuh dengan subur di atas tanah gembur yang tidak terlalu lembab dan membutuhkan cuaca tropika dengan kadar air yang mencukupi. Tanaman daun sirih sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman yang banyak memiliki khasiat.

Seperti dijelaskan tersebut di atas, daun sirih bermanfaat sebagau bahan pengobatan herbal yang dapat dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar atau diminum air rebusannya dan diekstrak dalam bentuk kapsul. Tanaman ini dipercaya ampuh untuk mengobati diabetes, hepatitis, asam urat, dan batu ginjal.

Mengenal Klasifikasi Tanaman Daun Sirih

  • Kingdom : Plantae
  • Sub kingdom : Viridiplantae
  • Super divisi : Embryophyta
  • Divisi : Magnolyophyta
  • Kelas : Dycotyledoneae
  • Ordo : Piperales
  • Famili : Piperaceae
  • Genus : Piper
  • Spesies : Piper Betle L

Morfologi Tanaman Daun Sirih

Morfologi daun sirih memiliki helaian berbentuk oval atau bundar telur lonjong dengan bagian pangkal daun tanaman ini mempunyai bentuk yang mirip dengan jantung manusia yaitu agak bulat, adanya tulang daun di bagian bawah tidak berbulu atau berbulu namun tidak begitu panjang, tebal, dan berwarna putih.

Daun – daun yang dimaksudkan mempunyai lebar sekitar 2,5 s/d 10,5 cm dengan ukuran panjang sekitar 5 s/d 18 cm. Saun – daun sirih mempunyai pelindung berbentuk bulat dan lonjong atau bulat telur dengan panjang sekitar 1 mm. Juga perlu diketahui bahwa daun sirih cenderung berlendir, memiliki rasa yang sangat pahit dan beraroma khas.

Baca Juga : Cara Budidaya Ubi Jalar

Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih

Daun sirih mengandung menyak atsiri yang juga mengandung zat betlephenol, pati, seskuiterpen, gula, diastase, chavicol, dan zat semak. Kandungan yang terdapat pada daun sirih ini berguna untuk membunuh kuman – kuman sebagai antioksidan dan fungisida serta anti jamur. Daun sirih bisa membantu menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh bakteri dan cendawan. Daun sirih juga kerap dimanfaatkan untuk menahan oendarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan mengatasi masalah di saluran pencernaan. Juga berkhasiat untuk mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, menghentikan pendarahan dan hemostatik.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman daun sirih, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman cemara

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *