Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Delima

1Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Delima – Delima adalah tumbuhan yang tingginya bisa mencapai maksimal 8 meter. Diperkirakan berasal dari kawasan Iran di Timur Tengah, tumbuhan yang mempunyai nama latin Punica granatum L. ini kebanyakan berkembang di kawasan Mediterania, sebelum akhirnya menyebar hingga ke Asia Tenggara. Fleksibel dan bisa hidup di daerah tropis maupun sub-tropis, buah ini mempunyai manfaat besar sebagai makanan yang bisa dikonsumsi, terutama untuk makanan kesehatan karena mengandung anti-oksidan dan bisa mencegah kolesterol.

Klasifikasi buah delima

Berikut ini adalah klasifikasi dari tanaman delima:

Kingdom/Kerajaan : Plantae / Tumbuhan

Sub kingdom/Sub kerajaan : Tracheobionta / Tanaman berpembuluh

Super division/Super divisi : Spermatophyta / Tumbuhan berbiji

Division/Divisi : Magnoliophyta / Tanaman berbunga

Classis/Kelas : Magnoliopsida / Tumbuhan berkeping dua (Dikotil)

Sub classis/Sub Kelas : Rosidae

Ordo/Bangsa : Myrtales

Familia/Suku : Punicaceae

Genus/Marga : Punica L./ Pomegranate

Species (Jenis/spesies) : Punica granatum L.

Binomial Name/Nama Latin : Punica granatum L.

Common Nama/Nama Umum : Pomegranate/Delima

Morfologi tanaman delima

Tanaman delima sendiri adalah tanaman perdu yang tingginya 2-5 meter, dan terdiri dari beberapa bagian, yaitu pohon, buah, daun, bunga dan batang. Berikut adalah uraiannya satu-persatu:

  1. Akar

Akar tanaman delima merupakan akar tunggang yang warnanya kuning kecoklatan.

  1. Batang

Batang dari tanaman delima berkayu, bentuknya bulat dan bercabang, serta mempunyai duri. Ketika masih muda, batang tersebut berwarna coklat. Namun setelah tua berwarna hijau kotor.

  1. Daun

Daun tanaman delima adalah daun tunggal dengan bentuk lanset. Tulangnya menyirip, tepinya rata, dengan ujung yang runcing dan pangkal yang menumpul. Panjang daun adalah 1-8 cm, dengan lebar 5-15 mm. Warna permukaan daun hijau mengkilat.

  1. Bunga

Bunga delima adalah bunga tunggal, posisinya ada di ujung cabang, mempunyai tangkai yang pendek, warna kelopak kuning pucat, ungu, atau merah, saling lekat, dan mahkotanya membulat. Putiknya putih, kuning, atau merah. Tangkainya sendiri melengkung. Dalam 1 pohon ada 1 sampai 5 bunga.

  1. Buah

Delima merupakan buah yang bulat bundar, dengan diameter 5-12 cm dan warnanya hijau kekuningan. Buah ini biasanya bergelantungan di bagian tandan. Ketika muda, warnanya hijau dan kemerah-merahan, baru setelah tua, warnanya berubah, bisa ungu kehitaman, hijau keunguan, atau coklat kemerah-merahan.

  1. Biji

Biji buah delima jumlahnya banyak, berwarna merah atau merah muda, bentuknya kecil dan bulat pipih, serta keras dan punya susunan yang acak.

Manfaat buah delima

Dibentuk menjadi apapun, tanaman delima, terutama buahnya, adalah tumbuhan yang penuh dengan berbagai manfaat. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Antioksidan

Kandungan flavonoidnya sangat tinggi, mampu mencegah radikal bebas tumbuh dan berkembang, serta mencegah terjadinya penyumbatan di arteri darah. Selain itu juga berguna untuk regenerasi sel.

  1. Berguna bagi kewanitaan

Untuk masalah keputihan, air rebusan dari delima bisa digunakan untuk mencuci bagian intim wanita.

  1. Bagus untuk pencernaan

Delima punya kandungan zat tanin tinggi, yang bisa mengikat dan mengendapkan protein untuk digunakan sebagai pengobatan di alat pencernaan seperti usus dan lambung.

  1. Mencegah Alzheimer

Minum jus delima secara teratur bisa membuat kesempatan terkena Alzheimer menurun, dan kerja otak juga lebih baik.

  1. Melindungi gigi dan tulang

Delima bisa mencegah osteoporosis dengan mencegah kerusakan di bagian tulang rawan, dan juga melindungi gigi dari adanya plak.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *