Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jarak

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jarak – Tanaman Jarak ialah salah satu tumbuhan perdu yang dapat hidup di wilayah mana saja. Tumbuhan dengan nama latin Jatropha curcas ini dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan bio-fuel.

1

Lebih tepatnya ialah dari biji tanaman Jarak ini bisa diolah dan menjadi hasil bumi tanpa mengganggu hasil bumi yang lain. Hal disebabkan oleh bahan utama yang bisa ditanam dan terus ditanam dan dipanen untuk diolah menjadi kebutuhan minyak tersebut.

Tanaman Jarak menjadi tanaman yang mudah ditanam tanpa harus memiliki perawatan khusus. Hal ini semakin menjadikan kemudahan tersendiri. Untuk itu, Anda bisa menanamnya untuk diolah sebagai hasil minyak yang berharga. Agar lebih bisa mendapatkan perbedaan dari tanaman yang lain, tumbuhan Jarak ini memiliki spesifikasi dari klasifikasi dan morfolosi. Seperti halnya pada karakter dari spesifikasi tanaman Jarak berikut ini:

Divisi                      : Spermatophyta

Subdivisi              : Angiospermae

Kelas                     : Dicotyledonae

Ordo                      : Euphorbiaceae

Genus                   : Jatropha

Spesies                 : Jatropha curcas Linn

Selain spesifikasi tersebut, dilengkapi pula dengan karakter morfologi yang memberikan ciri-ciri lebih detail, yakni:

Bentuk daun

Tanaman Jarak ini memiliki daun yang lebar dengan lekuk dari 3 hingga 5 sudut. Daun dengan warna hijau muda dan hijau tak terlalu tua ini lebih memperlihatkan warna daun bagian atas yang lebih ketat atau tebal dibanding bagian bawahnya. Dalam setiap pertumbuhannya, daun Jarak ini mampu melebar dari 5 hingga 15cm. Kemudian, pada bagian daun dan batang ini terdapat tangkai yang bisa memiliki panjang 4 sampai 15 cm.

Bunga

Tanaman Jarak pun tumbuh dengan bunga yang mana bunga tersebut tak terlalu tumbuh dengan warna yang cerah. Warna yang dimilikinya ialah kuning dan agak kehijauan dengan karakter tunggal nan berumah satu atau putik dan benang sari berada dalam satu pohon. Pada tanaman Jarak betina ataupun jantan dapat berbunga namun bunga pada Jarak yang betina jauh lebih banyak. Bunga ini tumbuh pada bagian pucuk atau ujung dengan 5 kelopak yang menyerupai bulatan. Pada setiap tandannya, terdapat lebih dari 15 bunga dengan tangkai putik yang pendek.

Buah

Hasil dari tanaman Jarak yang paling ditunggu ialah bagian buahnya, karena dari bagian inilah yang mampu menghadirkan minyak atau bio-fuel. Bentuk buah ini bulat seperti telur yang berdiameter 2 hingga 4 cm dan panjang buah dari 1 sampai 2 cm. Warnanya yang selalu berubah, yakni pada usia muda berwarna hijau, dan ketika telah matang akan berwarna kecoklatan atau agak hitam.

Pada bagian buah ini bisa memiliki 3 sampai 5 biji Jarak. Dari biji yang mengandung toksin ini tak dapat dikonsumsi melainkan dapat diolah menjadi minyak atau bio-fuel.

Kondisi tumbuh yang optimal

Memang tanaman Jarak yang disebut tumbuhan perdu ini bisa tumbuh dimana saja bahkan di area tropis sekalipun. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil panen yang optimal, diperlukan habitat yang tepat nan cocok. Dalam kondisi tanah dan suhu yang lebih baik ini menjadikan hasil panen yang lebih berlimpah daripada yang hanya ditanam pada area sembarangan saja. Agar hasil tanam lebih optimal, perlu memiliki habitat dengan ciri-ciri sebagai berikut ini:

  • Suhu maksimal 35 derajat.
  • Tumbuh di ketinggian 500 di atas permukaan laut.
  • Suhu tepat dari 20 derajat hingga 26 derajat.
  • Keadaan pH tanahnya ialah 5 sampai 6, 5.
  • Jumlah curah hujannya 625 mm per tahun atau bisa pula 300 mm hingga 2.380 mm setiap tahunnya.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *