Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Labu

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Labu – Tanaman labu siam mempunyai nama latin yang diambil dari spesies yaitu sechium edule jacq sw merupakan salah satu tanaman subtropics yang termasuk ke dalam kelompok spesies sechium edule jacq sw / spesies cucurbitaceus bermanfaat sebagai salah satu sayuran sebagai bahan makanan.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Labu

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Labu

Klasifikasi secara lengkap terhadap tanaman labu tersebut di atas menurut beberapa sumber penelitian adalah bisa diklasifikasikan sebagai berikut :

Kerajaan : plantae, sub kingdom : viridiplantae, super divisi embriophyta, divisi : tracheophyta, bagian : spermatophytina, sub divisi : angiospermae, kelas : dicotyledonae, bangsa : cucurvitales, suku : cucurbitaceae, marga : sechium dan jenisnya adalah sechium edule sw.

Setelah penelitian lanjut dilakukan maka didapat langkah selanjutnya adalah mengenai morfologi labu  diantaranya adalah sebagai berikut :

1/Habitus

Yang dimaksudkan dengan habitus tanaman labu siam adalah berupa pohon / tanaman perdu yang posisinya merambat dan hanya tumbuh dalam semusim saja yang mana setelah mengalami perbungaan lalu berbuah maka selanjutnya tanaman ini akan mati. Tanaman labu siam akan berbunga yang bersifat / bertipe bunga jantan dan bunga hermaprodit berumah satu / monoecious mampu merambat hingga mencapai kejauhan antara 3 s/d 5 meter.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman cemara

2/Bagian Batang

Tanaman labu (siam) termasuk ke dalam kelompok tanaman yang memiliki batang lunak namun bercabang banyak serta menyimpan alat untuk fungsi membelit yang memiliki bentuk spiral. Memiliki permukaan batang pada umumnya agak kasar yang berwarna hijau dan pada bagian permukaan berbulu halus – halus kekasaran. Batang tanaman ini memiliki bentuk bulat dan melilit.

3/Bagian Daun

Daun tanaman labu siam mempunyai ciri – ciri tertentu yaitu daun yang bersifat tunggal hingga membentuk menyerupai jantung manusia yang bertepi bertoreh dengan ujung – ujung daun yang meruncing beserta pangkal daun juga meruncing dan permukaan kasar dengan ukuran panjang sekitar 4 s/d 25 cm disertai lebar antara 3 s/d 20 cm.

4/Bagian Bunga

Tanaman labu (siam) mempunyai bunga yang bersifat bunga majemuk yang muncul / keluar dari ketiak daun. Masing – masing kelopak mahkota bunga bertajuk 5 yang mana mahkota ini adalah termasuk mahkota beralur yang berisikan 5 benang sari dan kepala sari berwarna jingga serta 1 putik yang mempunyai warna kuning terang.

5/Bagian Biji

Tanaman labu (siam) memiliki biji – biji yang terdapat di dalam buah labu siam yang jika dibelah dua dan dibiarkan diangin – anginkan maka terlihat biji – biji buah labu (siam) akan mongering dengan sendirinya yaitu berwarna hitam, putih, atau putih kecokelatan. Buah tanaman ini biasanya menggantung di tangkai dengan permukaan berlekuk – lekuk berwarna hijau keputih – putihan yang mana buah – buah ini pada waktu muda berwarna hijau muda bersih sedangkan ketika berusia dewasa akan muncul larik – larik putih kekuningan yang mana semakin matang maka warna bagian luar buah akan berubah menjadi hijau pucat keputihan. Di dalam hubungannya dengan budidaya tanaman labu siam, jumlah buah dalam satu tandan pohon haruslah dibatasi guna menghasilkan ukuran buah yang lebih besar dan berkualitas.

6/Bagian Akar

Tanaman labu siam memiliki akar unik berwarna putih kusam kecoklatan yang bersifat akar serabut dan masing – masing akar serabut memiliki percabangan dalam jumlah besar berbentuk bulat agak persegi namun berbatang lemah. Akar tanaman bersangkutan akan menyebar ke media di sekitarnya yaitu pertanaman bersangkutan namun tidak menjangkau terlalu dalam.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman labu, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Daun Sirih

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *