Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lidah Buaya

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lidah Buaya – Tentunya banyak diantara Anda yang sudah tak asing lagi dengan tanaman bernama lidah buaya atau juga yang lebih dikenal sebagai aloe vera. Aloe vera merupakan sebuah tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk industri kecantikan, baik itu digunakan sebagai bahan dasar pembuatan shampo, lotion maupun produk kecantikan yang lainnya.

1

Selain itu juga jangan salah karena kandungan gizi yang ada di dalamnya cukup tinggi sebagian besar orang juga mengolahnya sebagai produk pangan, baik dengan menjadikannya sebagai minuman, nata de coco atau juga sebagai manisan. Semuanya tentu memiliki nilai jual yang terbilang tinggi bukan.

Jadi jika Anda memiliki sedikit lahan kosong yang ada di rumah tak ada salahnya jika memanfaatkannya untuk bertaman lidah buaya, mengingat tanaman yang satu ii juga bermanfaat untuk menambah nilai artistik kebun di rumah. Apalagi jika Anda tau bagaimana cara mengolahnya maka bisnis aloe vera akan sangat menjanjikan. Berbicara mengenai tanaman yang kaya akan manfaat ini tentunya tak lengkap tanpa melihat lebih detail mengenai klasifikasi lengkapnya bukan? Simak penjelasannya berikut ini:

Kingdom : Plantae

Subkingdom : Tracheobionta

Super Divisi : Spermatophyta

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Liliopsida

Ordo : Asparagales

Famili : Asphodelaceae

Genus : Aloe

Spesies : Aloe vera L

Tak sulit memang untuk mendapatkan aloe vera mengingat cukup banyak diantara ibu-ibu di rumah yang menjadikan pekarangannya sebagai kebun, salah satu jenis tanaman yang ada pasti lidah buaya, apalagi mereka juga percaya bahwa jenis tanaman yang satu ini juga dapat menangkal radiasi yang banyak ditimbulkan dari gadget maupun sinar matahari. Setelah melihat dari klasifikasinya berikut ini sedikit mengenai morfologinya sendiri:

Batang

jika mencari bagian batang tentunya Anda akan cukup kesulitan membedakan antara batang dan juga daun mengingat sama-sama panjang dan juga berisi. Namun bukan itu yang dimaksud dengan batangnya, batang ada pada bagian paling bawah, umumnya berserat dan juga berkayu, meskipun banyak yang salah menyangka bahwa batang adalah daun dari lidah buaya. Hampir tak terlihat memang karena umumnya hanya memiliki ketinggian antara 3 sampai dengan 5 cm saja.

Daun

Bagian daun ini menjadi yang paling mudah untuk dilihat, yaitu terletak pada bagian yang paling luar memanjang dan berwarna hijau dengan beberapa bintik putih pada bagian dalamnya. Bagian tepi daun biasanya juga disertai dengan bentuk yang lancip layaknya duri buaya.

Ketebalannya sendiri bervariasi menyesuaikan dengan jenis dari lidah buaya sendiri. Pada bagian dalam akan dilapisi semacam zat lilin yang melindungi cadangan makanan berupa air dan getah yang ada di dalamnya. Bagian inilah yang banyak dimanfaatkan manusia.

Bunga

Bunganya sendiri hanya akan terlihat jika usia lidah buaya sudah cukup tua, umumnya berbentuk seperti terompet dan berukuran kecil. Warnanya adalah orange dengan panjang batang untuk bunga sendiri mencapai 100 cm bahkan lebih. Dari bagian bunga tersebut terkadang ada bibitan, namun jangan salah karena tak bisa di tanaman, menanamnya harus lewat daunnya.

Akar

Bunga yang satu ini memiliki akar serabut yang tergolong sangat pendek, selain berfungsi untuk mencari makanan dan air juga berfungsi untuk mengokohkan daunnya.

Cukup mudah bukan mengingatnya, mengingat tanaman yang satu ini sangat berbeda dibandingkan dengan yang lain. Jika ada di rumah tak perlu ragu untuk membudidayakan, siapa tau dengan begitu akan menghasilkan pemasukan.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *