Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mimba

Tanaman mimba yang mempunya nama latin Azadirachta indica A. Juss ini merupakan daun yang tergolong ke dalam tanaman perdu atau terna.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mimba

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mimba

Tanaman mimba pertama kali ditemukan di Madhya Pradesh, India. Di Indonesia sendiri, tanaman mimba diperkirakan sudah ada sejak tahun 1.500 dengan daerah penanaman utamanya ada di pulau Jawa.

Baca Juga : Morfologi Kecombrang

Karena sudah tersebar di Indonesia, tanaman mimba memiliki banyak sebutan beragam seperti di daerah Jawa, tanaman ini disebut dengan imba atau mimba, sementara di Madura, orang-orang menyebutnya dengan sebutan membha.

Tanaman mimba juga terkenal hingga Inggris dan Belanda. Di kedua negara itu, tanaman mimba memiliki bermacam sebutan seperti margosier, margosatree, atau neem tree.

Klasifikasi Tanaman Mimba

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Subdivisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Subkelas : Dialypetaleae
  • Ordo / Bangsa : Rutales
  • Famili / Suku : Meliaceae
  • Genus / Marga : Azadirachta
  • Spesies / Jenis : Azadirachta indica A.Juss

Morfologi Tanaman Mimba

  1. Morfologi Akar

Akar tanaman mimba adalah akar tunggang. Akarnya berbentuk silindris dengan pada tudung akar bentuknya lancip. Akar tanaman mimba berwarna cokelat tua dan mempunyai cabang akar dengan bentuknya yang sama seperti akar utama.

  1. Morfologi Batang

Batang tanaman mimba memiliki karakteristik yaitu kulit batang yang tebal serta teksturnya agak sedikir kasar. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam batangnya ini dapat digunakan sebagai obat malaria.

Caranya adalah dengan menyeduh kulit batang dengan air panas. Kulit batang mimba akan terasa cenderung pahit ini dianjurkan sebagai tonikum.

Di India, getah pada kulit batang tanaman mimba yang dapat menghasilkan cairan dalam jumlah besar ini juga digunakan sebagai obat lambung. Selain itu, batang tanaman mimba ini juga bisa digunakan sebagai bahan tambahan yang terdapat pada pasta gigi.

  1. Morfologi Daun

Daun tanaman mimba tersusun secara spiralis, mengumpul di ujung rantai. Tanaman mimba termasuk ke dalam tanaman dengan daun majemuk. Panjang daunnya sekitar 5 cm dengan lebar 3 hingga 4 cm. Tulang daunnya menyirip serta tulang cabang utamanya pada umumnya sejajar dengan yang lain.

Helaian daunnya tipis seperti kulit dan juga mudah layu. Bangun anak daun tanaman mimba memanjang hingga setengah lencet dan ujungnya runcing. Anak daunnya memiliki panjang sekitar 3 hingga 10.5 cm dan memiliki warna cokelat kehijauan.

Daun tanaman mimba banyak digunakan sebagai obat penambah nafsu makan, obat cacing hewan ternak, hingga antibakteri.

Hal ini dikarenakan daun mimba memiliki banyak kandungan seperti β-sitosterol, nimbolide, hyperoside, duercutrin, rutin, dan masih banyak lagi.

  1. Morfologi Bunga

Tamanan mimba mempunyai bunga yang berwarna putih, mulai dari kelopak bunganya hingga benang sari. Panjang bunganya menyatu dengan batang mimba yang warnanya hijau muda. Bunga tanaman mimba terdiri dari 5 hingga 6 kelopak bunga.

Bunga ini bisa digunakan sebagai wangi-wangian atau aromaterapi yang dapat memberikan efek yang menenangkan.

  1. Morfologi Buah

Buah tanaman mimba ukurannya kecil dan sangat banyak. Buahnya berwarna hijau muda. Biasanya, di dalam satu batang pohon mampu menghasilkan buah sebanyak setengah ember kecil. Ukuran buahnya sekitar 1 cm.

Buah tanaman mimba dapat dihasilkan dalam satu hingga dua tahun sekali. Daging buah mimba akan berwarna kuning jika sudah matang.

  1. Morfologi Biji

Biji tanaman mimba memiliki kandungan senyawa yaitu zat azadirachtin. Zat ini sangat efektif apabila digunakan sebagai pestisida dan insektisida.

Atau bisa juga digunakan sebagai pestisida organik. Biji buah mimba ditutupi kulit keras yang berwarna cokelat. Di dalamnya, melekat kulit buah yang berwarna putih. Biji buah ini diameternya sekitar 1 cm.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *