Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman PepayaTanaman pepaya atau Carica papaya adalah satu-satunya tanaman yang masuk kedalam famili caricacae. Tanaman yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Selatan bagian utara, saat sudah banyak tersebar di berbagai daerah beriklim tropis.

Biasanya tanaman ini sengaja dibudidayakan untuk diambil buahnya, baik itu yang masih muda ataupun yang sudah tua atau masak. Daging muda buah pepaya sering dijadikan olahan sayur, sedangkan buah yang sudah masak bisa dimakan secara langsung, diolah menjadi minuman jus, atau dijadikan campuran koktail buah.

Bukan hanya buahnya, daun pepaya juga berkhasiat sebagai obat untuk penambah nafsu makan, meskipun rasanya pahit adapula yang merebusnya untuk dijadikan lalapan. Lain daripada itu, di daerah Manado, bunga pepaya sering diolah menjadi sayur.

Untuk mengenal lebih jauh tanaman ini, berikut adalah Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya:

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Pepaya

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Tracheobionta
  • Super Divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : magniliopsida
  • Sub Kelas : dilleniidae
  • Ordo : Violales
  • Famili : Caricacae
  • Genus : Carica
  • Spesies : Carica papaya

Morfologi Tanaman Pepaya

Akar : Pepaya memiliki akar berupa Radix Primaria atau Akar tunggang  yang berbentuk bulat, berwarna putih kekuningan. Karena lembaga akar tumbuh terus dan membentuk cabang-cabang baru yang kemudian akan menjadi akar-akar yang lebih kecil.

Batang : Pertumbuhan batang Pepaya adalah tegak lurus dengan ketinggian yang bisa mencapai 5-10 meter. Berebentuk bulat dan terdapat bekas patahan tangkai daun serta bertekstur licin. Umumnya batang tanaman ini tidak berongga dan tidak bercabang atau bercabang sedikit.

Daun : Daun tanaman ini membentuk spiral pada bagian pucuk pohon, merupakan jenis daung tunggal yang memiliki struktur tulang menjari (palmineruis). bergerigi pada bagian sisinya, serta memiliki tangkai daun yang panjang dan berongga yang bertekstur lunak.

Bunga : Tanaman pepaya memiliki bunga majemuk yang tersusun pada satu tangkai (pedunculus). Dalam satu pohon, tanaman ini memiliki 3 jenis bunga, yaitu: Bunga Jantan (masculus) adalah bunga yang hanya memiliki benag sari; Bunga betina (femiculus) adalah bunga yang hanya memiliki putik; Bunga sempurna (hermaprodit) adalah bunga yang memiliki putik dan juga benang sari.

Bunga pepaya umumnya berwarna putih kekuningan dan memiliki tangkai kecil yang berbentuk lingkaran.

Buah : Bentuk buah yang dimiliki oleh tanaman adalah bulat hingga memanjang dengan bagian ujung yang runcing. Kulit buah berwarna hijau tua ketika muda sedangkan yang sudah tua atau masak akan berwarna hijau muda hingga kuning. Daging buah pepaya berwarna kemerahan. Terdapat rongga pada bagian tengah buah.

Baca Juga :

Biji : Biji pepaya umumnya berebentuk bulat, bundar bahkan lonjong (tergantung varietas) dengan warna kecoklatan hingga kehitaman. Biji buah pepaya berada di dalam rongga yang berada di tengah daging pepaya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *