Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak – Tanaman Salak ialah salah satu tumbuhan yang tumbuh dengan daun berduri pada lahan tertentu. Dimana Salak yang memiliki nama latin Salacca edulis reinw. Nama yang indah ini tentunya juga memiliki klasifikasi tersendiri entah itu secara klasifikasi dan morfologi.

1

Dimana pada karakteristik tersebut menjadikan suatu perbedaan yang lebih spesifik dengan berbagai tumbuhan yang lain. Karena karakteristik tersebut memberikan penjelasan yang lebih detail terhadap keluarga dan unsur lain yang ada pada tanaman Salak.

Di Indonesia ini, terdapat berbagai jenis Salak yang bisa dijumpai nan dikonsumsi. Masing-masing daerah pun memiliki khas Salak dengan rasa manis yang berbeda. Sekalipun pada perbedaan jenis tersebut, buah Salak tetap memiliki satu klasifikasi yang sama. Seperti halnya pada beberapa detail berikut ini yang menjadi klasifikasi tanaman Salak, yaitu:

Kingdom              : Plantae

Divisi                      : Spermatophyta

Sub devisi            : Angiospermae

Class                      : Monocotyledonae

Ordo                      : Lilifrorae

Famili                    : Palmaceae

Genus                   : Salacca

Spesies                 : Salacca edulis reinw

Dari klasifikasi tersebut memberikan penjelasan adanya tanaman Salak beserta keluarga dari tanaman itu sendiri. Dimana nama-nama tersebut berasal dari bahasa latin yang memberikan tujuan untuk mempermudah satu nama pasti untuk masing-masing karakternya. Karena bilamana menggunakan bahasa lain akan menjadikan masing-masing karakter tersebut memiliki beberapa nama. Sehingga sulit untuk membedakannya nama yang pasti. Dengan bahasa latin ini akan mempermudah proses penghafalan dan juga pengenalan terhadap tanaman Salak ini.

Untuk mengetahui unsur perbedaannya yang lebih lanjut, terdapat karakteristik secara morfologi. Dimana pada detail ini akan memberikan detail pada sisi lain, seperti:

Bagian batang

Pada bagian batang ini memiliki duri dalam jumlah yang banyak, hampir di seluruh permukaan batang tersebut terdapat durinya. Batang pohon yang melengkung ini memiliki bentuk daun sebagai pelepah. Berbatang dengan ukuran yang relative pendek dan tertutup rapat antara satu batang dengan yang lainnya. Dan dari pelepah tersebutlah yang nantinya akan menjadi bunga dan berbuah menjadi Salak. Karena buah Salak ini berada di tengah-tengah batang yang rapat nan berduri tajam.

Bagian buah

Buah salak yang terdapat pada Tanaman ini berada di tengah-tengah batang berduri tersebut. Dalam artian, buah tersebut terlindungi oleh batang yang berduri-duri. Dalam sekali berbuah ini, Salak dapat berada secara bergerombol atau pada jumlah yang banyak. Buah salak ini berbentuk menyerupai segitiga dan terbungkus oleh kulit berwarna coklat.

Setelah terbungkus oleh kulit coklat nan agak kasar ini terdapat selaput tipis yang menutupi buah inti. Dimana pada selaput tersebut bisa dimakan secara langsung tanpa harus mengelupas kulit tipisnya. Karena dari selaput tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi.

Struktur tumbuhan

Tanaman salak ialah tumbuhan yang berumah dua atau tumbuhan yang jantan dan betina ini tidak berada dalam satu pohon. Akan tetapi, proses perkembangbiakan dari tanaman ini dari biji dan digabungkan dengan anakan tunas.

Sebagai tumbuhan berbiji dan berkeping satu dapat bertumbuh dan berbuah tanpa dalam satu pohon melainkan pada jarak tertentu, yang pasti tak terlalu jauh, antara kedua pohon harus berada setidaknya dalam jarak satu sampai dua meter.

Proses hidup

Tanaman Salak tak dapat hidup sembarangan, dalam artian harus tumbuh di lahan yang cocok. Lahan tersebut ialah tanah yang subur nan gembur, bila perlu pada tanah yang memiliki pori-pori banyak. Pada spesifikasi pH sekitar 6 sampai 7, dalam kondisi seperti ini membuat tanaman tersebut dapat tumbuh dengan optimal nan berbuah dengan mudah dalam jumlah yang banyak.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *