Klepon Camilan Tradisional Indonesia yang Enak

Klepon Camilan Tradisional Indonesia yang Enak – Kalau ngomong tentang camilan tradisional Indonesia, pasti Klepon jadi salah satu yang kita ingat. Camilan basah tradisional ini sangat digemari banyak orang meskipun Camilan ini berasal dari Jawa tetapi orang – orang dari daerah lain pun tetap menyukai camilan ini.klepon1

Pada umumnya Klepon merupakan camilan berbentuk bulan dengan isian gula merah dan ditaburi parutan kelapa. Namun, belakangan ini telah banyak dilakukan kreasi terhadap camilan ini. isiannya menjadi lebih beragam, ada yang isi coklat, keju dan rasa – rasa lainnya.

Rasanya yang manis karena isian serta gurih karena kelapa membuat camilan ini makin enak. Sekarang agak sedikit sulit untuk menemukan camilan ini di pasaran terutama di luar pulau jawa, untuk itu kita mau kasih resep sederhana dari camilan tradisional ini jadi kalian bisa coba – coba buat di rumah.

Yuk kita lihat bahan – bahan apa aja yang kita butuhkan untuk membuat Klepon ini. yang pertama adalah tepung beras sebanyak 500 gram, ini merupakan salah satu bahan utama untuk membuat adonan kulitnya.

Selanjutnya pewarna makanan secukupnya untuk mewarnai adonan kulitnya, biasanya menggunakan warna hijau namun ini bisa diganti sesuai selera. Yang tidak kalah penting yaitu gula merah sebanyak 250 gram kemudian dipotong – potong sehingga berukuran kecil. Kelapa parut untuk taburan sebanyak 100 gram, daun pandan satu lembar kemudian garam secukupnya sekitar setengah sendok teh dan yang terakhir air bersih secukupnya untuk membuat adonan kulitnya.

Sekarang yuk kita bahas bagaimana cara membuat Klepon dari bahan – bahan yang sudah disebutkan di atas. Pertama – tama kita persiapkan wadah atau tempat untuk membuat adonan kulitnya. Jangan lupa cuci tangan hingga bersih atau gunakan sarung tangan plastik ketika membuat adonan ini.

Tepung beras yang sudah ditimbang dimasukkan ke dalam wadah tersebut tadi kemudian tambahkan garam dan juga pewarna makanan tadi yang telah disiapkan. Aduk hingga rata sambil di tambahkan air bersih secara perlahan sambil terus diaduk dengan tangan hingga adonan teraduk rata dan telah siap untuk dibuat bulat – bulat serta adonan tidak pecah ketika dibulat – bulatkan.

Selanjutnya, ambil adonan secukupnya dan letakkan di tangan anda lalu dibulat – bulatkan kemudian adonan tersebut bentuk pipih di tangan letakkan potongan gula merah ke atas adonan yang telah pipih tadi kemudian tutup gula merah dengan adonan dan dibulat – bulatkan kembali. langkah – langkah tersebut dilakukan hingga semua adonan dan potongan gula merah habis. Sisihkan semua adonan yang berisi gula merah yang telah dibulatkan tadi.

Langkah selanjutnya, ambillah panci untuk merebus air. setelah air yang direbus tersebut mendidih adonan tadi yang telah diisi gula merah ke dalam panci berisi air mendidih. Biarkan adonan berisi gula merah tersebut hingga mengapung. Jika adonan telah mengapung itu menandakan bahwa kleponnya telah matang. Kemudian klepon diambil dan tiriskan agar kleponnya tidak tlalu berair.

Ambil kukusan, kemudian parutan kelapa yang dicampur dengan sedikit garam serta daun pandan ke dalam kukusan. Biarkan dikukus sebentar saja. Selanjutnya adonan tadi yang telah ditiriskan dimasukkan ke campuran parutan kelapa yang telah dikukus tadi hingga semua permukaan adonan tadi tertutupi parutan kelapa. Setelah semua adonan tadi telah tertutupi parutan kelapa maka klepon dengan isian gula merah ini telah siap untuk dihidangkan.

Baca juga : Resep Garang Asem Asli dan Berkualitas

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *