Kram Pada Perut Bawah Menandakan Anda Sedang Hamil

Kram Pada Perut Bawah Menandakan Anda Sedang Hamil – Ketika sedang hamil, sejumlah wanita kemungkinan mengalami beberapa masalah kehamilan. Dimana salah satunya adalah kram sebagai tanda kehamilan.

Untitled

Ketika kram perut terjadi, tidak sedikit yang mulai merasa cemas. Apakah benar kram yang dialami merupakan aktivitas normal dari rahim yang mengalami pertumbuhan dan peregangan atau justru pertanda dari keguguran?

Jawabannya tentu masih belum jelas, tetapi berikut ini adalah beberapa informasi kram perut selama masa kehamilan.

Kram di awal kehamilan yang dianggap normal

Terkadang kram menunjukkan masalah selama kehamilan, tetapi mungkin itu adalah hal yang normal bahkan sudah cukup sering terjadi. Kram yang normal umumnya terjadi ketika rahim mulai mengalami pertumbuhan, kemudian akan muncul rasa sakit dengan intensitas yang ringan hingga terjadinya kram di bagian bawah perut dan juga bawah punggung.

Kram yang terjadi selama kehamilan dini akan terasa layaknya kram ketika menstruasi, namun intensitas dari kram ini cenderung lebih ringan.

Tetaplah lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin serta tetap melakukan konsultasi tentang apapun yang Anda khawatirkan mengenai kondisi kandungan Anda pada dokter maupun bidan. Semakin banyak pengetahuan Anda tentang kondisi janin tentunya semakin baik pula perawatan yang bisa diberikan.

Kram perut yang menjadi tanda akhir kehamilan

Di akhir masa kehamilan, rahim telah tumbuh menjadi lebih besar. Saat terjadi adanya kram, maka dapat juga diartikan sebagai pertanda akan sesegera terjadi masa persalinan prematur. Semakin tua usia dari kehamilan tersebut, akan semakin sering muncul kontraksi uterus yang dikenal dengan Braxton Hicks contractions atau “perut kencang”.

Sebenarnya Braxton Hick contractions adalah kontraksi secara normal yang terjadi di trismester 2 hingga 3 serta terjadi secara tidak teratur.

Baca Artikel Lainnya :

Sebab kram yang normal dengan tidak normal selama hamil cukup sulit dibedakan, maka lebih baik tetap lakukan konsultasi agar tetap berkonsultasi pada dokter ataupun bidan.

Terutama ketika kram terjadi secara berlebihan serta sangat sakit. Sekaligus kram yang diikuti adanya pendarahan dari jalan lahir. Jadi, Anda tetap bisa memantau kehamilan Anda.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *