Kriteria Kosmetik Dikatakan Aman dan Tidak Berbahaya

Kriteria Kosmetik Dikatakan Aman dan Tidak Berbahaya – Menggunakan kosmetik sudah menjadi kebiasaan, rutinitas dan juga gaya hidup yang dimiliki oleh sebagian besar kalangan wanita di seluruh penjuru dunia.

1

Mulai dari bedak, lipstik, blush on, eye shadow, mascara dan lain sebagainya adalah alat wajib yang harus digunakan dan melengkapi aktivitas harian. Pemakaian aneka kosmetik tersebut tentu saja untuk menunjang penampilan, meningkatkan daya tarik dan menutupi berbagai kekurangan atau masalah pada wajah masing-masing wanita. Berkat adanya kosmetik, para wanita dapat tampil lebih anggun dan penuh percaya diri dalam setiap kesempatan.

Namun sayangnya, tidak semua kosmetik memberikan manfaat bagi kecantikan wajah Kita. Beberapa diantaranya justru mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya dan mengancam kesehatan. Tak jarang beberapa orang sudah pernah mengalami dampak buruk yang dihasilkan dan bahkan beberapa diantaranya sampai kehilangan nyawa sehingga hal ini harus mendapatkan perhatian khusus bagi semua pihak. Termasuk Anda dan para wanita yang biasa menggunakan make up atau kosmetik sebagai kebutuhan harian.

BPOM telah mengemukakan berbagai daftar merk kosmetik yang tidak memenuhi standar mutu, manfaat dan keamanan yang telah ditetapkan sehingga hal ini patut diwaspadai sebelum menimbulkan efek yang tidak diharapkan.

Beberapa merk tersebut mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri, asam retinoat dan hidrokinon yang dapat memicu masalah kesehatan kulit jangka panjang. Maka dari itu, Anda diwajibkan mengenali beberapa kriteria dari produk kosmetik yang aman dan tidak berbahaya supaya manfaat kosmetik yang didapatkan terasa berguna, antara lain:

Label berbahasa Indonesia

Dalam memilih produk kosmetik yang aman bagi kesehatan, perhatikanlah label produk dengan seksama. Simaklah nama produsen, importer, komposisi bahan dan juga khasiatnya dengan teliti dan juga waspada. Apabila bahasa yang tertera dalam kemasan merupakan Bahasa Indonesia dan penjelasan yang diberikan mudah dipahami, maka kosmetik tersebut bisa dikatakan aman dan tidak bermasalah.

Namun jika bahasa yang digunakan pada kemasan tersebut merupakan bahasa asing yang sulit dipahami, sebaiknya Anda lebih waspada karena siapa tahu produk tersebut belum diakui atau belum memenuhi standar keamanan kosmetik yang semestinya. Di samping itu, membaca label dan mengetahui kandungan, manfaat dan fungsi dari suatu produk kosmetik sangatlah penting dalam memilih produk yang tepat.

Nomor BPOM resmi

Setiap produk makanan, obat dan kosmetik di Indonesia yang legal dan memenuhi standar tentu mempunyai nomor notifikasi yang diturunkan oleh BPOM secara resmi. Nomor notifikasi untuk produk kosmetik dimulai dengan huruf NA dan di lanjut dengan 11 digit angka.

Kode nomor tersebut berlaku untuk setiap kosmetik yang diproduksi dari dalam maupun luar negeri sehingga dengan memiliki nomor notifikasi resmi, maka produk kosmetik tersebut telah melewati pengawasan BPOM dan terbukti bebas bahan kimia yang berbahaya.

Belum lewat masa kadaluarsa

Selain beberapa kriteria tadi, produk kosmetik yang aman juga memiliki kriteria lainnya yaitu belum melewati tanggal kadaluarsa. Sama halnya dengan produk makanan dan obat, produk kosmetik juga memiliki batas waktu kelayakan pemakaian sehingga hal ini wajib disimak dan diperhatikan dengan seksama.

Artikel Lainnya :

Kualitas produk kosmetik yang sudah lewat masa kadaluarsa juga akan menurun dan memicu dampak buruk bagi kesehatan jika masih digunakan. Itulah sebabnya mengecek tanggal kadaluarsa dari setiap produk kosmetik yang Anda gunakan harus selalu dilakukan secara berkala.

Itulah beberapa kriteria yang menggambarkan produk kosmetik yang aman tanpa bahan berbahaya. Dengan memperhatikan kriteria di atas, maka kosmetik yang Anda pakai akan terjamin keamanannya!

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *