Kriteria Pertanian Ramah Lingkungan

Kriteria Pertanian Ramah Lingkungan – Kerusakan yang banyak terjadi sekarang ini, membuat kriteria pertanian ramah lingkunganperlu untuk dilakukan. Banyaknya percemaran lahan pertanian karena obat kimia atau pestisida membuat ekosistem sawah menjadi terganggu. Banyak produksi hasil panen untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat membuat para petani tidak menghiraukan lagi akibat dari penggunaan pestisida yang berlebihan untuk kesuburan tanah. Karena hal tersebut berlangsung terus-menerus akibatnya banyak sekali lahan sawah yang tidak menghasilkan tanaman sebaik dulu. Kesuburan tanah sawah menjadi semakin berkurang.

Untitled

Sebagai salah satu solusi untuk mengembalikan kembali kesuburan tanah yang sudah tidak stabil adalah dengan mulai memilih kriteria pertanian ramah lingkungan. Para petani harus mulai beralih ke sistem pertanian yang satu ini. Berikut beberapa kriteria pertanian yangramah terhadap lingkungan di antaranya adalah:

  1. Kemampuan agroeko system. Untuk membasmi hama tidak lagi menggunakan zat kimia melainkan dibasmi dengan musuh alami hama tersebut.
  2. Dari segi ekonomi Sistem ini membantu petani dalam penghematan biaya untuk pertanian. Hal ini sangat dimungkinkan karena ketika hama yang menyerang tanaman masih dalam skala kecil tidak akan dilakukan penyemprotan obat kimia atau pestisida pada tanaman.
  3. Berlaku adil terhadap hal-hak dalam penggunaan lahan.
  4. Lebih manusiawi.. Artinya dalam pengolahan lahan banyak pertimbangan sehingga tidak semena-mena.
  5. Luas pertanian. Untuk masalah ini dapat disesuaikan dengan kondisi dalam usaha tani.

Dengan kriteria pertanian ramah lingkungan yang sudah disebutkan di atas, dapat membantu membentuk beberapa konsep untuk melakukan pengolahan lahan pertanian yang lebih ramah terhadap lingkungan. Konsep yang pertama yaitu dengan meminimalisasi penggunaan bahan pestisida pada tanaman. Selain itu sistem yang berbasis pertanian yang aman untuk lingkungan ini adalah untuk mengoptimalkan siklus biologi.

Adapun beberapa konsep lain yang diterapkan sebagai kriteria pertanian ramahlingkungan. Konsep-konsep pertanian tersebut ialah meliputi:

  • Menggunakan manajemen pengolahan lahan pertanian dengan kelestarian tanah.
  • Meminimalkan hal-hal yang dapat menimbulkan kerusakan pada lahan.
  • Manghasilkan hasil pertanian yang dapat mudah didaur ulang seperti misalnya daun-daun dari tanaman dapat didaur ulang menjadi pupuk.

Dengan kriteria di atas maka bisa di jadikan sebagai pertanian berkelanjutan yang bisa di manfaatkan selamanya tanpa mengurang kualitas lingkungan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *