Kromosom dan Struktur-struktur di Dalamnya

Kromosom dan Struktur-struktur di Dalamnya – Kromosom, tipe kromosom, struktur kromosom, jumlah serta penentuan jenis kelamin kromosom merupakan sebuah pembahasan yang tentunya tidak asing agi bagi anda yang memperdalam studi bidang biologi. Hanya saja bagi anda yang belum begitu memahami, maka berikut merupakan suatu penjelasan singkat mengenai kromosom dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kromosom.

a1

Pengertian kromosom

Kromosom merupakan unit genetik yang dapat ditemukan pada setiap inti sel semua makhluk hidup. Dimana kromosom memiliki bentuk berupa deret panjang molekul yang disusun oleh protein serta DNA. Pada setiap sel terdiri atas tiga bagian utama yaitu, sitoplasma atau cairan se, nukleus atau inti sel serta membran pelindung sel.

Di dalam sebuah nukleus dapat ditemukan benang-benang halus yang dinamakan kromatid, ketika terjadi pembelahan sel maka benang-benang halus tersebut dipintal untuk membentuk kromosom. Seperti yang sudah ada dalam penjelasan di atas, kromosom merupakan struktur padat yang terdiri atas dua komponen molekul yaitu DNA dan protein-protein. Struktur dari kromosom ini hanya akan terlihat dengan jelas pada metafase pembelahan sel.

Fungsi kromosom dalam tubuh

Kromosom memiliki fungsi sebagai penyimpanan bahan-bahan materi genetik pada kehidupan yang terdiri dari DNA. Seperti yang sudah banyak diketahui jika DNA memiliki peran yang sangat penting guna menjalankan aktivitas sehari-hari serta menyimpan setiap informasi secara genetik. Selain itu dapat juga membantu secara langsung suatu organisme untuk terus tumbuh.

Maka dari itu kromosom mempunyai fungsi yang sangat besar di dalam tubuh. Dimana kromosom terbentuk dari DNA yang saling berikatan dengan beberapa protein histon. Ikatan-ikatan ini sendiri dihasilkan oleh Nukleosom yang mempunyai ukuran panjang mencapai sekitar 10 nm. Selanjutnya nukleosom akan membentuk menjadi lilitan-lilitan dengan jumlah yang sangat banyak sebagai suatu penyusun serta kromatid atau lengan kromosom. Pada satu lengan kromosom tersebut paling tidak memiliki lebar sekitar 700 nm.

Kromosom makhluk hidup berpasangan

Secara umum kromosom yang ditemukan pada makhluk hidup ada dalam kondisi berpasangan. Oleh karena itu seringkali disebut dengan istilah diploid. Kromosom diploid sendiri dipertahankan dari tiap generasi ke generasi dengan cara pembelahan mitosis atau pembelahan yang mampu menghasilkan dua anak dengan sifat sama persis seperti induknya. Kromosom yang berpasangan atau kromosom homolog mempunyai bentuk, komposisi dan ukuran yang sama.

Pada intinya struktur dari kromosom yang terdapat di dalam makhluk hidup cenderung berbeda dan sangat tergantung pada sebuah pasangan. Hal ini dikarenakan pada dasarnya setiap makhluk hidup tersebut memiliki struktur kromosom yang cukup berbeda serta tersusun dari DNA dan molekul yang berbeda juga.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai kromosom beserta segala struktur maupun pembagiannya yang ada di dalam tubuh makhluk hidup.

Baca Artikel lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Kromosom dan Struktur-struktur di Dalamnya

  1. Pingback: Pembagian Kelas Platyhelminthes (Cacing Pipih) | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *