Kuliner Khas Aceh yang Wajib anda Cicipi

Nanggroe Aceh Darussalam, yang beberapa tahun silam menjadi sorotan dunia karena kejadian tsunami yang dahsyat dan memakan korban yang sangat banyak. Dibalik kelamnya masa itu,  Aceh menyimpan banyak pesona alam yang indah yang menarik untuk wisatawan lokal maupun asing.

Rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khas Aceh jika anda berkunjung ke Aceh.Berikut ini ada kuliner khas Aceh yang wajib anda cicipi jika and aberkunjung ke Aceh.

1. Mie Aceh

f 48

Mie Aceh adalah kuliner khas Aceh yang paling terkenal. Mie Aceh berbeda dengan mie lainnya karena mienya dibuat sendiri oleh pedagangnya. Selain itu, bumbu rempah khas Aceh sangat berasa sekali. Mie Aceh terdiri dari 2 yaitu mie Aceh goreng dan mie Aceh rebus. Mie Aceh biasanya terdiri dari varian seafood, daging atau kepiting.

2. Martabak Aceh

f 49

Martabak Aceh  berbeda dengan martabak lainnya karena bumbu khas Acehnya sangat berasa. Selain itu pendamping martabak Aceh yang unik adalah acar bawang yang sangat lezat.

3. Ayam Tangkap

f 50

Ayam tangkap adalah ayam kampung yang dipotong dengan potongan kecil lalu digoreng dengan bumbu khas Aceh dan daun temuru (daun khas Aceh). Kuliner khas Aceh ini sangat lezat dan jarang bisa kita temukan di kota selain Aceh, tidak seperti mie Aceh dan martabak Aceh yang banyak di jual di kota manapun.

4. Nasi Goreng Aceh

f 51

Jika biasanya nasi goreng menggunakan kecap, berbeda dengan nasi goreng Aceh yang hanya mengguanakan bumbu rempah khas Aceh yang membuat nasi goreng ini sangat lezat. Biasanya Nasi goreng Aceh berisi daging atau udang.

5. Pli u

f 52

Pli u adalah  makanan yang terdiri dari berbagai macam sayuran yang beraneka ragam dan kuah dari sayur pli u ini sangat berasa rempahnya. Biasanya pli u dikonsumsi bersama nasi panas dan tutut (keong sawah).

6. Keumamah

f 53

Keumamah adalah makanan khas Aceh  yang unik karena terbuat dari ikan tongkol atau tuna yang dikeringkan selama beberapa hari sehingga bertekstur keras dimasak dengan bumbu kari khas Aceh. Kekeumamah cocok dikonsumsi dengan nasi panas.

7. Timpan

f 54

Timpan adalah jajanan khas Aceh yang terbuat dari tepung sagu berisi adonan labu, duren atau kelapa. Teksturnya kenyal mirip nagasari tapi berbeda.

8. Meuseukat

f 55

Meusekat adalah jajanan khas Aceh yang terbuat dari gula aren. Rasa dari Meusekat ini seperti dodol yang manis  dan kenyal.

9. Bolu ikan

f 56

Bolu ikan adalah  bolu khas Aceh yang berbentuk seperti ikan. Bolu ikan adalah oleh-oleh wajib khas Aceh yang wajib anda beli jika anda berkunjung ke Aceh.

10. Kopi Gayo

f 57

Kopi gayo merupakan kopi terbaik di Indonesia dan memiliki rasa yang khas. Namun, jika anda tidak terlalu kuat minum kopi , jangan mencicipi kopi Gayo karena kopi Gayo adalah kopi hitam yang rasa kafeinnya sangat kuat.

Kuliner khas Aceh tersebut dengan mudah kita jumpai di Kota Banda Aceh, sempatkan waktu anda untuk mencicipi kuliner khas Aceh tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *