Kuliner-Kuliner Lezat yang Wajib Anda Cicipi Ketika Berkunjung Ke Jogjakarta

Selain terkenal dengan wisata alamnya yang indah, Jogjakarta juga terkenal sebagai pusat kuliner enak. Banyak sekali tempat-tempat makanan enak khas Jogja yang menjadi buruan wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Berikut ini adalah tempat-tempat kuliner enak di Jogja yang wajib anda kunjungi jika anda berkunjung ke Jogjakarta.

1.Gudeg

f 59

Setiap orang  pasti sudah mengenal makanan khas Jogjakarta yang satu ini. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terdiri dari nasi dengan lauk nangka muda, sambal krecek, kuah santan kental, ayam dan telor. Di Jogja sangat banyak restaurant atau warung-warung yang menjual gudeg.

2.Nasi goreng Beringharjo

f 60

Nasi goreng Beringharjo merupakan makanan khas Jogjakarta selanjutnya. Yang membuat nasi goreng ini berbeda dari nasi goreng lainnya adalah sang koki sudah memasak nasi gorengnya terlebih dahulu dalam prosi besar, sehingga jika ada yang membeli sang koki tinggal memanasi nasi gorengnya sebentar dan lalu disajikan ke pembeli.

Nasi goreng Beringharjo berisi potongan ayam, sedikit mie, telor dan sayuran. Jika anda ingin mencicipinya anda bisa mengunjungi daerah sekitar Pasar Beringharjo.

3. Sate Klatak

f 61

Sate Klatak berbeda dengan sate lainnya karena sate ini tidak menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu, melainkan menggunakan tusuk sate yang terbuat dari besi.

Sate Klatak ini sangat populer di Jogja, tak heran jika pembeli harus mengantri untuk dapat makan sate klatak. Jika anda ingin mencoba kuliner ini anda bisa mengunjungi Pasar Jejeran yang buka mulau jam 7 malam.

4. Bakmi Jawa

f 62

Bakmi Jawa adalah kuliner khas jawa yang banyak kita temukan di Jogja. Bakmi jawa merupakan bakmi yang dimasak dengan bumbu khas masakan jawa dan dimasak di atas tungku tanah liat dan api arang.

Ciri khas Bakmi ini juga adanya suwiran daging ayam kampung dan telor bebek di dalamnya. Makanan ini dapat mudah anda jumpai di Jogja terutama di sekitaran Jalan Malioboro.

5. Angkringan

f 63

Rasanya kurang lengkap jika ke Jogja tidak mencoba angkringan khas Jogja. Angkringan merupakan sebuah warung kecil yang menyediakan makanan nasi kucing yaitu nasi dengan irisan telor dan tempe dalam porsi sedikit seperti porsi makanan kucing.

Selain itu ada juga aneka gorengan dan lauk pauk yang dijual di angkringan. Angkringan dapat anda jumpai dimana saja, paling banyak di sekitaran Jalan Malioboro.

6. Wedang Ronde

f 64

Wedang ronde merupakan minuman khas Jogja yang dapat menghangatkan tubuh. Wedang ronde berisi potongan roti, adonan tepung aci yang berisi kacang, dan kolang-kaling. Kuahnya terdiri dari rebusan air jahe yang dicampur gula.

Wedang ronde sangat cocok dikonsumsi saat cuaca dingin. Kita dapat menjumpai pedagang wedang ronde di sekitaran Jalan Malioboro. Harga semangkok wedang ronde sangat murah yaitu Rp. 5000.

7. Kopi Jos

f 65

Kopi Jos sangat berbeda dengan kopi pada umumnya. Kopi ini hanya dapat kita temui di Jogjakarta.Yang membuat beda dan unik, kopi ini ditambahkan bara api di dalam gelas kopinya. Ini membuat kopi lebih kental dan ada sensasi tersendiri ketika anda meminum kopi ini. Kita dapat menemui kopi di jos di angkringan-angkringan Jogjakarta.

8. Tengkleng Gajah

f 66

Baca Artikel Lainnya :

Tengkleng gajah merupakan olahan kambing khas Jogjakarta dalam porsi gajahatau porsi besar. Potongan daging dan tulang kambingnya berukuran besar, diolah dengan rempah-rempah dan bumbu khusus.Cita rasa kuah tengkleng gajah sangat khas dan enak. Jika anda ingin mencicipinya, anda bisa datang ke sekitaran jalan kaliurang.

Itulah beberapa kuliner yang wajib anda cicipi ketika anda berkunjung ke Jogja.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *