Kumis kucing (Orthosiphon grandiflarus) Berkhasiat dan Bermanfaat untuk Kesehatan

Kumis kucing (Orthosiphon grandiflarus) Berkhasiat dan Bermanfaat untuk Kesehatan – Kumis kucing  yang mempunyai nama  latin Orthosiphon grandiflarus adalah tumbuhan semak, berasal dari famili Lamiaceae/Labiatae dan tersebar luas di daerah beriklim tropis khususnya Asia Tenggara.

a

Di Indonesia, tanaman ini juga mudah ditemukan dan didapatkan. Tanaman ini juga dikenal dengan nama tea plants atau java tea. Di beberapa daerah, tanaman ini mempunyai nama yang berbeda. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan nama remujung, Madura (songot koneng), Sumatera (giri-giri). Awalnya tanaman ini awalnya diperkirakan berasal dari Afrika yang merupakan daerah tropis kemudian tersebar luas hingga ke Asia bahkan Australia.

Sejak dahulu kumis kucing dikenal sebagai tanaman obat dan berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Banyak sekali jamu dan ramuan herbal yang salah satu komposisinya dari kumis kucing yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar yang dapat menyembuhkan penyakit. Bagian dari tanaman kumis kucing yang berkhasiat obat adalah bagian daunnya karena mengandung kalium yang tinggi, glikosida orthosiponin, mionositol, sopofonin, sinensetin dan zat samak yang terbukti dapat menurunkan kadar asam urat, oksalat dan fosfat dalam tubuh. Tanaman ini digunakan sebagai terapi pengobatan yaitu pengobatan herbal karena kandungan kimia yang berkhasiat obat.

Manfaat lain dari tanaman kumis kucing adalah terbukti dapat menyembuhkan infeksi saluran kemih, menjaga tekanan darah, membersihkan ginjal dan mengobati batu ginjal, membersihkan empedu, menyembuhkan rematik, mengurangi keputihan, mengobati asam urat dan masih banyak lagi.

Daun yang biasa digunakan untuk penyembuhan berbagai penyakit yaitu daun yang basah dan daun kering, tergantung pada penyakit yang diderita. Membuat ramuan dari kumis kucing tidaklah sulit, perhatikan cara meramu atau meracik kumis kucing untuk berbagai penyakit di bawah ini.

  • Batu ginjal : Ambil daun kumis kucing sebanyak 3 (tiga ) genggaman tangan, tambahkan 5 lembar daun keji beling. Kemudian rebus menggunakan 2 gelas air, tunggu hingga mendidih dan tersisa menjadi satu gelas. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin yaitu 2 kali sehari sampai dinyatakan sembuh oleh dokter.
  • Kencing batu : Ambil 7 (tujuh) lembar daun kumis kucing dan 7 (tujuh) tanaman meniran. Rebus daun kumis kucing dan meniram ke dalam 2 gelas air, tunggu hingga mendidih (tersisa 1 gelas). Minumlah 3 (tiga) kali sehari secara rutin.
  • Asam urat dan encok : Ambil 5 lembar atau helai daun kumis kucing, 5 (lima) tanaman meniran lalu rebus kedua bahan tersebut dalam 2 gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas, minum secara rutin 3 kali sehari dan tunggu sampai sembuh.
  • Keputihan : ambil satu genggam daun kumis kucing, daun beluntas, 10 biji kemukus dan 1 sendok teh jintan hitam. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 2 gelas air hingga menjadi satu gelas. Minum obat herbal tersebut 2 kali secara rutin, minum sampai keputihan benar-benar sembuh.
  • Diabetes, pelancar air kencing dan hipertensi: Rebus 2 genggam daun kumis kucing dalam panci (2 gelas air), tunggu hingga menjadi satu gelas dan minumlah secara rutin 1 (satu) kali sehari.

Uraian di atas merupakan khasiat dan manfaat dari tanaman kumis kucing. Begitu banyak manfaat dan khasiatnya, so tanam dan pelihara tanaman kumis kucing. Jangan abaikan keberadaan tanaman tersebut karena obat penyembuh pada saat kita sakit. Tanaman kumis kucing tidak memerlukan tempat yang luas, biasa di tanam di halaman serta dapat juga dijadikan tanaman hias.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *