Lahirnya Kerajaan Samudera Pasai

Di Indonesia ini terdapat banyak sekali kerajaan yang berdiri dengan sejarahnya masing-masing. Tak jauh berbeda dengan kerajaan Samudera pasai yang berdiri kira-kira di tahun 1267. Kerajaan Islam ini berada di Pantai Utara Sumatera atau di area Lhokseumawe. Sejarah dari kerajaan Samudera pasai ini bermula dari Marah silu kemudian dengan posisi sebagai raja beliau bergelar menjadi Sultan malik al-saleh sebagai rajanya yang wafat di tahun 696 hijriah.

fi 91

Setelah wafatnya Sultan as-saleh, raja di kerajaan tersebut diganti oleh putranya yang bernama Sultan Muhammad malik az-sahir. Pada masa pemerintahan, kerajaan ini menggunakan mata uang koin perak dan emas. Seiring sejalannya perkembangan waktu, kerajaan Islam ini semakin berkembang menjadi pusat perdagangan yang besar dan pesat.

Namun di tahun 1326 beliau meninggal dan dilanjutkan oleh putranya bernama Sultan mahmud az-zahir dan telah menduduki kerajaan sampai 13145. Kemudian dilanjutkan kembali oleh anaknya yang bernama Sultan mahmud malik dan pada masa ini, terjadilah suatu penyerangan dari Majapahit. Serangan yang tak henti ini menjadikan sultan harus kabur untuk mencari tempat yang aman yakni di ibukota.

Selain kisah kerajaan tersebut, terdapat pula kisah lain yang merupakan kisah sejarah dari kerajaan samudera pasai ini bermula dari tahun 1383. Pada tahun tersebut Sultan zain al-abidin malik az-zahr berkuasa hingga tahun 1405. Beliau dipercaya untuk berkuasa dan suatu ketika Raja Nakur mengalahkannya. Kemudian kepemimpinan kerajaan berpindah ke istrinya yaitu Sultanah Nahrasiyah.

Dari kisahnya, kerajaan Samudera pasai ini tak hanya bersumber dari kisah kerajaan yang diperintahkan secara turun temurun. Hal ini dikarenakan pada kerajaan tersebut juga dikenal sebagai pusat dari perdagangan yang cukup maju. Lokasinya yang berada di armada strategis ini menjadikan banyak pihak untuk singgah dan melakukan beragam transaksi hingga penyebaran agama Islam yang semakin pesat pula.

Di samping lancarnya bisnis perdagangan itu, akses dakwah Islam juga ikut berkembang semakin baik. Terbukti bahwa dari peninggalannya terdapat tanda-tanda Islam yang cukup kuat.

Hingga di suatu kisah, kerajaan Samudera pasai ini menjumpai suatu akhir yakni karena adanya perang saudara. Dari perang tersebut menjadikan kerajaan Islam itu runtuh, sekalipun Sultan yang memerintahkan bantuan ke Sultan Melaka. Dalam peperangan tersebut, kerajaan Pasai berhasil mengalahkan para pemberontak itu yang menjadikan pemicu dari perang saudara.

Setelah perang ini berakhir, muncul kembali konflik yang menyerang Malaka. Dimana kerajaan tersebut diserang para penjajah dari Portugal. Hingga membuat Malaka dikalahkan olehnya namun ternyata kekalahan Malaka tak cukup. Para pasukan Portugal tersebut juga menyerang kerajaan Samudera pasai dan membuat kerajaan ini menjadi runtuh. Peristiwa runtuhnya kerajaan dari Samudera pasai ini terjadi di tahun 1521.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *