Lahirnya Olahraga Renang

Renang merupakan salah satu olahraga air yang dapat juga digunakan sebagai media penyembuhan bagi orang dengan sakit punggung. Olahraga air ini pertama kali dimulai di Inggris tahun 1830 namun aktivitasnya telah ada sejak zaman batu yaitu 7000 tahun yang lalu.

fu 52

Tidak ada yang mengetahui pasti penemu renang namun terdapat bukti berupa lukisan di batu berumur kurang lebih 10 ribu tahun di Cave of Swimmers yang berada di dekat Wadi Sura, barat daya Mesir dan tergambar gaya renang dada ataupun anjing dan ditemukan juga benda yang terbuat dari tanah liat dari tahun 9000 SM hingga 4000 SM menggambarkan mengenai 4 orang yang diperkirakan melakukan front crawl.

Selain lukisan batu di Mesir beberapa gambaran mengenai renang dan gayanya ditemukan dan bukti lainnya, yaitu di:

  • Relief Bablilonia,
  • Dinding di Syiria menggambarkan berbagai macam versi gaya dada,
  • Gurun Kebir ( 4000 SM) dan paling terkenal,
  • Relief Nagoya tentang perenang (3000 SM),
  • Kolam renang 30×60 meter di Mohenjo Dari, Kastil India (2800 SM),
  • Hittite, Minoan, peradaban di Teotihuacan, Mozaik di Pompeii yang menggambarkan perenang.

1830an di Inggris, renang benar-benar dimulai atau diperkenalkan sebagai olahraga. Kolam renang indoor pertama ada di St. George’s Bath tahun 1828, sedangkan kompetisi renang reguler dimulai tahun 1837 dengan National Swimming Society yang dilakukan di 6 kolam renang buatan di sekitar London. ASA (Asosiasi Perenang Amatir) dibentuk tahun 1869 dan pada tahun 1880, olahraga ini mulai terkenal hingga sudah terdapat 300 klub di Amerika.

Terdapat 4 gaya dalam kompetisi renang selama 30-40 tahun yaitu bebas, kupu-kupu, dada, punggung. Untuk individu, hanya dapat memilih salah satu kecuali untuk medley individu. Gaya kupu-kupu adalah evolusi gaya dada yang dilakukan Henry Myers (1933).

Pelatih renang Universitas Lowa, David Armbruster melakukan riset gaya dada dan menemukan metode penggunaan tangan yang menjadi dasar gaya kupu-kupu (1934). Jack Sieg menambahkan gerakan kaki seperti lumba-lumba dan Jack serta David menggabungkan dua teknik tersebut.

Gaya punggung adalah gaya kuno dan Harry Hebner adalah orang yang membuat gaya punggung seperti sekarang. Gaya dada ada saat zaman batu. Nicolas Wyman, professor bahasa Jerman dalam buku Colymetes (1538) menjelaskan mengenai melakukan gaya dada dengan cara metodikal. Sedangkan gaya bebas yang biasa dipilih adalah front crawl dan sudah ada sejak 2000 SM serta pertama kali diperlombakan di London oleh orang Amerika Utara (1844).

Dog Paddle adalah gaya renang pertama dan gerakannya diajarkan di militer. Gaya lainnya adalah gaya trudgen atau gaya Indian Timur yang dinamai dari perenang Inggris, John Trudgen dan merupakan evolusi sidestroke. Sedangkan federasi yang menaungi renang adalah FINA (Federation Internationale de Nation) yang dibentuk tahun 1908.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *