Lakukan Relaksasi Persalinan Membuat Anda Lebih Siap Untuk Melahirkan

Lakukan Relaksasi Persalinan Membuat Anda Lebih Siap Untuk Melahirkan – Persalinan membutuhkan energi dan kondisi psikologis yang baik agar kuat menjalani proses.

Ibu yang sedang mengandung harus mempersiapkan segalanya dibantu oleh ayah agar saling melengkapi kebutuhan masing – masing khususnya menyambut kedatangan sang buah hati.

Untitled

Tidak jarang beberapa kondisi mental ibu terganggu sebelum melakukan persalinan lantaran masalah – masalah yang sedang melanda.

Kondisi tersebut akan memicu stres yang tidak baik buat janin serta saat menjalani proses persalinan. Ada beberapa metode relaksasi yang baik untuk ibu mengandung sebelum melahirkan.

Relaksasi adalah kegiatan untuk menenangkan pikiran serta melemaskan otot – otot yang tegang di tubuh.

Saat mengandung, terkadang otot – otot menjadi tegang karena beban yang ditanggung. Kegiatan ini bermanfaat untuk membuat sang ibu lebih tenang saat mengandung dan lebih siap untuk melahirkan.

Tentunya akan menjaga keselamatan ibu dan janin saat proses persalinan. Lakukan relaksasi setidaknya pada saat ada waktu luang.

Cari kondisi yang sekiranya dapat membantu anda dalam berelaksasi, menjauhkan diri dari pikiran yang membuat tegang. Berikut beberapa metode yang bisa digunakan untuk kegiatan relaksasi ibu saat mengandung.

Relaksasi Pasif

Relaksasi ini mudah untuk dilakukan oleh ibu yang sedang mengandung. Caranya dengan mengikuti instruksi yang memberi sugesti kepada anda untuk melemaskan otot dan syaraf yang tegang.

Posisikan tubuh anda seperti berbaring, tetapi menyamping sehingga menjadi posisi semi duduk. Ganjal kepala anda dengan bantal agar lebih nyaman saat berbaring. Kemudia pusatkan perhatian anda pada ibu jari kaki.

Regangkan sedikit demi sedikit sampai anda mendapat kenyamanan. Lalu pusatkan perhatian anda pada pergelangan kaki kemudian bayangkan pergelangan tersebut lemas dan rileks.

Selanjutnya fokus pikiran anda pada betis dan lakukan hal yang sama pada lutut sampai keadaan menjadi rileks. Anda bisa menggunakan metode tersebut pada bagian yang menurut anda tegang.

Relaksasi Sentuhan

Relaksasi ini perlu bantuan dari orang kedua. Anda bisa meminta tolong pada suami anda untuk melakukan relaksasi ini.

Ada jenis sentuhan diam, yaitu saat tangan suami anda menahan bagian tubuh yang tegang hingga menjadi rileks. Kemudian ada sentuhan tekanan, yaitu suami anda akan menekan bagian – bagian yang tegang dengan lembut.

Baca Artikel Lainnya :

Lakukan kedua sentuhan tersebut pada bagian perut supaya memberikan ketenangan pada ibu hamil.

Cobalah untuk melakukan jenis relaksasi tersebut supaya ibu terlatih dan lebih tenang saat melahirkan nanti.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *