Langkah-langkah Dalam Memulai Bisnis Pertanian

Langkah-langkah Dalam Memulai Bisnis Pertanian – Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan Negara yang sangat potensial di bidang pertanian karena berada di garis khatulistiwa dan merupakan Negara perairan dengan iklim tropis yang mendukung aktivitas pertanian untuk berbagai macam tumbuhan.

a

Indonesia mempunyai lahan yang sangat baik dan bisa dimanfaatkan untuk bisnis pertanian sehingga menghasilkan banyak keuntungan apabila anda mampu menjalankannya secara maksimal. Dan di bawah ini terdapat beberapa langkah penting yang perlu anda lakukan untuk memulai bisnis pertanian, yaitu:

Persiapan lahan

Mempersiapkan lahan yang tepat adalah salah satu hal terpenting yang wajib dilakukan untuk mengawali bisnis pertanian. Lahan yang anda gunakan harus tepat supaya pertumbuhan tanaman yang anda kelola dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan produk panen yang sempurna. Selain itu, kondisi lingkungan di sekitar lahan dan kondisi pengairannya juga haruslah diperhatikan dengan tepat setiap saat. Sebab, hal tersebut dapat mempengaruhi proses pertumbuhan produk pertanian yang anda kelola dan kualitas hasil pertanian yang anda dapatkan.

Persiapan benih, pupuk dan penyuburan tanah

Memilih benih dan pupuk yang tepat dan berkualitas adalah bagian penting lainnya yang harus anda perhatikan untuk memulai usaha pertanian apapun jenis tanaman yang akan anda hasilkan. Pastikanlah benih dan pupuk yang anda gunakan memiliki kualitas yang baik supaya hasil tanaman yang dikelola bisa tumbuh subur dengan maksimal. Tanah yang selalu di nutrisi dengan baik menggunakan pupuk yang berkualitas akan mendukung pertumbuhan tanaman dengan baik dan optimal sehingga menghasilkan hasil tani yang bermutu dan bernilai jual tinggi di pasaran.

Pengendalian hama dan penyakit

Tak bisa dipungkiri bahwa lahan yang tepat, pemilihan pupuk dan tanah yang subur saja tidaklah cukup untuk menghasilkan potensi bisnis pertanian yang maksimal apabila hama dan penyakit yang mengancam tidak mampu dikendalikan dengan optimal. Masalah hama dan penyakit haruslah diatasi dengan baik karena dampak yang ditimbulkan sangatlah besar terhadap kualitas dan hasil produk yang anda peroleh ketika panen nanti. Pastikanlah pengendalian hama dan penyakit dilakukan semaksimal mungkin sehingga pertumbuhan tanaman yang anda kelola tidak terganggu dan menjadi sia-sia atau bahkan justru menimbulkan kerugian panen yang besar di kemudian hari.

Apabila lahan sudah dipersiapkan dengan baik, pemilihan pupuk dilakukan dengan tepat dan pengendalian hama dan penyakit berjalan lancar, maka lakukanlah penanganan panen yang benar. Lakukan penanganan pasca panen dengan bahan yang ramah lingkungan agar tahap penanaman selanjutnya dilakukan dengan baik dan maksimal. Dan terakhir, jangan lupa untuk melakukan sertifikasi bisnis pertanian yang anda kelola supaya memperoleh izin dan berdiri secara resmi dari pihak yang berwenang. Dengan begitu, potensi bisnis pertanian yang anda kelola bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana yang telah anda buat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Langkah-langkah Dalam Memulai Bisnis Pertanian

  1. Pingback: Teknik Budidaya Tanaman Rumput Gajah | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *