Aneka Jenis Tanaman Buah Dalam Pot

Aneka Jenis Tanaman Buah Dalam Pot – Beberapa tahun terakhir di masyarakat perkotaan banyak dilakukan kegiatan penanaman aneka jenis tanaman buah dalam pot. Selain sebagai pohon perindang kegiatan ini juga dapat menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi.

pop

Keterbatasan lahan bukan lagi menjadi alasan tidak bisa berkebun buah. Hanya saja perlu kraetifitas dan perhatian khusus karena media tanam lebih sempit. Jangan sampai penanaman buah dalam pot yang sejatinya sebagai pohon perindang justru menggangu aktivitas.

Bibit-bibit aneka tanaman buah ini bisa didapat dengan cara membeli di tempat penjualan bibit tanaman buah. Perlu di ingat karena media tanam hanyalah pot maka pilihlah aneka pohon buah yang bisa hidup dalam ruang sempit.

Biasanya para penjual bibit tanaman buah ini telah paham jenis apa saja yang bisa tumbuh dengan baik ketika hanya menggunakan pot. Mereka biasanya menyarankan untuk membeli pohon buah yang bisa berbuah meski ukurannya pohonnya relative kecil.

Menanam pohon buah dalam pot itu tak ada bedanya dengan bercocok tanam di kebun. Hanya saja ukurannya yang relative terbatas. Meski hanya menggunakan media pot tapi konsep dasarnya sama seperti pada umumnya.
Harus tetap memperhatikan kecocokan jenis tanaman dengan lokasi ditanam. Jangan memaksakan sesuatu yang memang tidak sesuai karena hasilnya tidak akan baik. Sebagai contoh tanaman yang biasa hidup di dataran tinggi pasti akan susah bila ditanam di dataran rendah, begitu pula sebaliknya.

Tetap harus dilakukan perawatan berkala seperti penyiraman dan pemupukan. Bila ada indikasi terserang penyakit tetap harus diambil tindakan.

Berikut beberapa pilihan buah yang bisa ditanam :
1. Durian
2. Mangga
3. Jeruk nipis
4. Jambu biji
5. Jambu air
6. Kelengkeng
7. Apel
8. Rambutan
9. Sawo
10. Belimbing
11. Matoa
12. Rambutan

Ketika sudah mengetahui beberapa jenis pohon buah yang biasa di tanam dalam pot kini ada baiknya untuk mendalami trik agar pohon tersebut bisa tumbuh maksimal dan menghasilkan buah terbaik.

Bercocok tanam itu gampang-gampang susah. Selama kita masih menikmati dan menganggap sebagai hobi tentu dirasa sesuatu yang mudah. Lain halnya bila dianggap sebagai beban yang harus tercapai maka hal tersebut akan terasa sulit.

Dalam proses budidaya tanaman dalam pot yang harus sering dilakukan adalah memangkas batang atau mengurangi jumlah daun. Akan menjadi sangat aneh bila lahan yang sempit akan dipenuhi rimbunnya dedauan.
Manfaat lain dari pengurangan jumlah daun dan ranting ini juga dapat membuat buah lebih besar. Pasalnya ketercukupan nutrisi menjadi lebih terjamin. Bayangkan saja bila media tanam hanya ukuran 1 meter persegi tapi pohon terlalu rimbun. Asupan nutrisi yang ada dalam tanah untuk satu pohon secara keseluruhan tentu kurang baik.

Kesalahan fatal para pemilik pohon biasanya terlalu banyak memberi pupuk. Padahal pohon itu layaknya manusia yang membutuhkan nutrisi secukupnya. Bila terlalu banyak juga menjadi tidak baik.

Bila kebanyakan pupuk biasanya tanah akan menjadi keras atau panas. Hal ini tentu saja membuat pohon kurang baik. Kalau daun tidak berguguran yang terjadi biasanya adalah pohon mati.

Usahakan setiap 6 bulan sekali media tanam dalam pot dilakukan penggantian. Tanah yang ada dalam pot bila tidak diganti sudah pasti kesuburannya akan berkurang. Cara mengganti tidak perlu semuanya. Cukup mengambil 30 hingga 40 persennya saja untuk kemudian diganti tanah yang lebih subur.

Tambahkan bahan tambahan lain seperti pupuk kandang, kompos, dan berbagai campuran yang kiranya bisa membuat kondisi tanah lebih sebur.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *