Langkah – Langkah Metode Ilmiah

Langkah – Langkah Metode Ilmiah – Pengertian Metode Ilmiah adalah serangkaian proses keilmuan yang memiliki tujuan untuk memperoleh ilmu pengetahuan secara sistematis melalui pencarian bukti – bukti yang bersifat fisis.

Langkah - Langkah Metode Ilmiah

Langkah – Langkah Metode Ilmiah

Contohnya adalah di bidang Ilmu Fisika, beberapa metode ilmiah memastikan bisa memperoleh sebuah kesimpulan yang dapat mendukung bukti – bukti tersedia tersusun secara sistematis. Apabila tidak mengaplikasikan metode ilmiah maka penelitian – penelitian yang dilakukan akan menghasilkan kesimpulan yang meragukan dan tidak bisa ditetapkan secara hukum atau menggunakan rumus – rumus yang jelas tentang terjadinya sebuah fenomena fisis.

Langkah – Langkah Metode Ilmiah

1/Observasi awal

Terlebih dahulu para peneliti akan melakukan pengamatan terhadap kondisi awal dari objek penelitian yang sedang dilakukan. Pada tahapan ini, kegiatan bersangkutan dilakukan juga terhadap karakterisasi masing – masing objek lalu memberi analisa terhadap sifat – sifatnya.

2/Identifikasi masalah

Langkah kedua adalah menemukan permasalahan – permasalahan yang hendak diangkat dalam penelitian resmi yang akan diselenggarakan.

3/Perumusan ‘hipotesis’

Para peneliti terlebih dahulu mempersiapkan rumusan awal yang akan menjelaskan tentang permasalahan yang hendak diangkat dalam forum – forum resmi. Hipotesis yang diberlakukan adalah bersifat sementara karena belum menghasilkan hasil yang bersifat objektif dari eksperimen yang bersangkutan. Maka dari itu hipotesis tidak dapat dijadikan sebagai sebuah kesimpulan terhadap hasil penelitian ilmuah.

4/Eksperimen

Penelitian yang dilakukan tujuannya untuk menganalisa permasalahan yang akan diidentifikasi. Eksperimen yang dilakukan adalah berupa rekayasa penciptaan ulang terhadap permasalahan yang ada atau peneliti akan meniru proses yang memicu terjadinya permasalahan yang hendak diteliti. Terhadap penelitian yang bersifat variabel akan berpengaruh terhadap proses fisis yang dikendalikan seteratur mungkin, sehingga peneliti benar – benar akan mengetahui tentang faktor – faktor apa saja yang bisa berpengaruh pada hasil eksperimen dimaksud.

5/Analisis hasil

Tim peneliti akan melakukan analisis terhadap hasil eksperimen dimana analisis yang diperoleh selanjutnya akan dikembangkan dengan menggunakan rumusan hipotesis yang sebelumnya sudah dipersiapkan terutama untuk mengetahuai apakah hipotesisi yang sudah dibuat tersebut mampu menjelaskan tentang fenomena dari permasalahan yang terjadi atau tidak. Jika ditemukan sebuah hubungan yang jelas terhadap hipotesis, maka hasil analisis bisa dijadikan sebagai dasar melakukan penarikan sebuah kesimpulan. Apabila berbeda, maka akan dilakukan pengulangan terhadap langkah – langkah sebelumnya dimana pengulangan tersebut dilakukan melalui tahapan perumusan hipotesis atau dari tahap eksperimen.

6/Penarikan kesimpulan

Langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan menjadi tahap penutup terhadap langkah – langkah penelitian dengan mengaplikasikan metode ilmiah. Setelah hasil dikumpulkan, lalu dibuat analisa untuk selanjutnya dihubungkan dengan hipotesis, peneliti akan menarik sebuah kesimpulan yang mampu menjelaskan tentang hubungan – hubungan terjadi dengan singkat. Kesimpulan haruslah jelas dan padat serta bisa menggambarkan inti terhadap eksperimen serta tidak keluar dari jalur yang tersedia dan dilakukan.

Demikian kami menjelaskan tentang langkah – langkah metode ilmiah, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *