Langkah Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan

Langkah Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan –¬†Bimbingan dan penyuluhan merupakan upaya untuk mengenalkan, atau mengarahkan seseorang untuk menemukan dan mencari penyelesaian dari permasalahan yaang tengah dihadapi baik itu terkait pendidikan, permasalahan psikologis maupun permasalahan yang lain.

Langkah Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan

Langkah Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan

Bimbingan dan penyuluhan dapat dilaksanakan secara berkelompok maupun secara individu.

Tentu saja fasilisator bimbingan dan penyuluhan, dalam hal ini biasanya dilakukan oleh konselor harus seseorang yang terlatih dalam melakukan bimbingan dan penyuluhan.

Bimbingan dan penyuluhan yang dilaksanakan oleh orang yang tidak terlatih bisa menyebabkan tidak tercapainya tujuan yang telah ditetapkan pada awal pertemuan bimbingan dan penyuluhan.

Langkah bimbingan dan penyuluhan terjadi melalui beberapa langkah, yaitu pengorganisasian, perencanaan, implementasi dan evaluasi.

  • Pengorganisasian

Pada tahapan awal yaitu pengorganisasian, yang dilakukan adalah membangun hubungan antara konselor dengan konseli atau orang yang mendapatkan layanan bimbingan dan penyuluhan.

Pada tahap ini harus dipastikan bahwa kedua pihak merasa nyaman dan terbentuk rasa saling percaya. Karena rasa saling percaya terutama konseli kepada konselor akan mempermudah proses proses konseling dan penyuluhan serta tercapainya tujuan.

Pada tahap pengorganisasian, perumusan masalah yang disertai dengan asesment perlu untuk dilakukan. Hal ini untuk membantu pada tahap perencanaan serta evaluasi hasil kelak.

  • Perencanaan

Pada tahap perencanaan mulai dirumuskan tujuan yang ingin dicapai antara konselor dan konseli.

Selain itu tahap perencanaan juga berupa perumusan program, berapa kali pertemuan yang disepakati serta perjanjian lain yang harus dipatuhi selama proses bimbingan dan penyuluhan berlangsung.

  • Implementasi

Implementasi merupakan proses pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan sesuai dengan yang telah diatur pada tahap perencanaan.

Pada tahapan implementasi, baik konselor maupun konseli harus mematuhi apa yang telah disepakati bersama pada tahapan sebelumnya. Tahapan implementasi biasanya membutuhkan lebih dari satu pertemuan, namun kembali lagi, lamanya program bimbingan dan penyuluhan dilaksanakan sesuai kesepakatan di tahap perencanaan.

  • Evaluasi

Evaluasi sebagai langkah akhir dalam pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan dilaksanakan apabila program atau pertemuan sudah dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan.

Pada tahap ini, konselor dan konseli melakukan evaluasi mengenai hasil bimbingan dan penyuluhan. Pada tahap evaluasi, akan terlihat hasil yang dicapai selama proses bimbingan dan penyuluhan.

Apabila hasil yang dicapai setelah program selesai dilaksanakan belum sesuai dengan yang diharapkan, maka program dapat dilaksanakan kembali sesuai dengan kesepakatan antara kedua pihak.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *