Legenda dan Sejarah Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu danau yang berada di Sumatera utara, Indonesia. Danau dengan lebar 30 kilometer dan panjang 100 kilometer ini menjadikannya sebagai danau terbesar di Indonesia, bahkan terbesar pula di seluruh Asia tenggara. Dari sejarahnya, danau ini terbentuk dari vulkanik pulau Samosir yang berada di tengah-tengahnya. Peristiwa ini terjadi sekitar 73.000 hingga 75.000 tahun yang lalu.

fi 97

Dari kisahnya, para peneliti percaya bahwa erupsi yang terjadi di danau ini telah membawa volcanic winter hingga mengakibatkan adanya temperatur di seluruh dunia turun dari 3 sampai 5 derajat celcius, serta pada dataran tinggi bisa mencapai 15 derajat celcius.

Dari hasil penelitian ini juga memberikan bukti bahwa danau Malawi di Afrika timur mempunyai banyak abu yang diperkirakan datang dan berasal dari erupsi danau Toba ini. Sekalipun kedua danau tersebut berjarak 300 mil namun tetap tak ada banyak perubahan iklim.

Di samping itu, debu gunung api yang menjadi bagian penting dari terbentuknya danau Toba ini telah tersebar luas ke belahan dunia. Debu-debu tersebut berasal dari gunung purba yang sebelumnya diperkirakan adalah danau Toba. Perkiraan ini pun tak terlepas akan adanya fakta yang menyatakan bahwa bentuk-bentuk molekul Toba tersebut identik dengan molekul vulkanik dari 2100 titik di dunia.

Erupsi Besar Gunung Toba

Di lihat dari erupsinya, danau Toba ini terjadi sekitar 67.500 sampai 75.500 tahun lampau. Erupsi ini merupakan salah satu bagian yang setidaknya ada tiga titik seri dengan membentuk suatu kaldera di lokasi itu. Yang mana pada kaldera awal ini terbentuk di sekitar 700.000 hingga 840.000 juta tahun lampau. Dari catatannya, erupsi ini mempunyai VEI sebesar 8 dan membuat suatu ledakan yang begitu dahsyat selama 25 juta tahun ini.

Di samping itu, sebuah penelitian dari Michigan technological university bernama Nill rose dan Craig chesner mengemukakan bahwa material dari erupsi tersebut merupakan erupsi besar dan menjadi tonggak sejarah yang merupakan proses dari terbentuknya danau Toba ini.

Dalam pernyataan tersebut diperkirakan bahwa danau Toba ini ada di sekitar 2.800 km kubik ignimbrite yang ada di permukaan tanah dan sekitar 800 km kubik abu mengarah ke arah barat. Bahkan dari erupsi ini bisa mengakibatkan lapisan abu dengan tebal 15 cm ke daratan asia selatan, Indian dan sebagian Malaysia.

Menurut Kisah Legenda Masyarakat

Dari kisah legenda masyarakat setempat, danau Toba ini berawal dari pemuda miskin yang bernama Toba. Pemuda ini suka memancing dan di suatu ketika ia mendapati ikan yang berubah menjadi manusia cantik. Keduanya menikah dan mempunyai anak seorang laki-laki yang tumbuh dengan malas karena dimanja ibunya.

Suatu ketika ia membuat ayahnya marah dan mengaku bahwa ia anak ikan. Sepontan tindakan ini membuatnya marah dan mengadu ke ibunya dan sang ibu marah membuat daratan sekitar tergenang air. Anak tersebut menjadi pulau yang namanya sama yakni pulau Samosir dan danau Toba dari nama pemuda tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *