Legenda Kawah Sikidang, Asal Mula Rambut Gimbal Anak Dieng

Legenda Kawah Sikidang, Asal Mula Rambut Gimbal Anak Dieng – Di provinsi Jawa Tengah, terdapat suatu daerah yang bernama Dieng. Daerah tersebut memang dikenal sebagai daerah yang unik karena anak-anak kecil di sana memiliki rambut yang gimbal.

12

Rambut tersebut mulai tumbuh saat anak-anak berusia 40 hari dan muncul secara tiba- tiba setelah sebelumnya anak tersebut mengalami sakit demam dan mengigau saat malam hari. Namun, anehnya rambut gimbal tersebut akan hilang ketika sang anak berusia 6 tahun dengan syarat hal yang diinginkan oleh sang anak haruslah dipenuhi.

Cerita tersebut sangat terkenal hingga sekarang dan dijadikan sebagai daya tarik daerah tersebut untuk dikunjungi oleh para wisatawan saat ritual pemotongan rambut dilaksanakan. Namun ternyata dibalik keanehan rambut gimbal tersebut terdapat cerita legenda yang konon dipercaya sebagai sebab terciptanya rambul gimbal tersebut, berikut kisahnya.

Pada jaman dahulu hiduplah seorang putri cantik bernama shinta dewi. Ia dikenal memiliki kecantikan hingga ke negeri seberang. Banyak pria pangeran yang hendak mempersuntingnya namun putri Shinta Dewi selalu menolaknya karena para pangeran tersebut tidak mampu memenuhi persaratan yang diminta oleh sang putri saat ingin melamarnya.

Putri Shinta Dewi meminta mahal dengan jumlah yang sangat banyak dan tak ternilai harganya, memang sifat putrid tersebut menjadi salah satu kekurangannya dibalik wajahnya yang cantik rupawan.

Suatu ketika terdapat seorang pangeran dari negeri sebrang yang sangat kaya raya. Pangeran tersebut bernama Pangeran Kidang Garungan. Ia mendengar berita kecantikan sang putri Shinta Dewi dari para prajuritnya. Iapun penasaran dan sangat tertarik untuk mencoba melamar sang putri.

Kemudian sang pangeran menyuruh pasukannya untuk datang ke kerajaan sang putrid dan menyampaikan maksud untuk melamarnya. Sang prajuritpun menjalankan perintah pangeran Kidang dan pergi menemui putrid Shinta Dewi. Sesampainya di kerajaan putri Shinta Dewi, para prajurit menyampaikan maksud kedatangannya bahwa pangeran mereka berniat melamar sang putri dan siap menyiapkan mahar apaun yang putri Shinta inginkan.

Putri Shinta Dewi berfikir bahwa karena sang pangeran siap akan syarat yang diajukan sang putrid dengan memberi mahar yang sangat mewah sebagai mas kawin, sang putrid pun berfikir selain kaya pangeran tersebutpun memiliki wajah yang tampan rupawan.

Tanpa berfikir panjang sang putripun menerima lamaran sang pangeran kemudia para prajurit pulang dengan segera untuk meyampaikan berita baik tersebut kepada sang pangeran. Pangeran Kidang snagat senang mendengar sang putrid mau menerimanya dan segera memerintahkan para dayang dan pasukannya untuk menyiapkan mahar mewah untuk acara lamaran besok.

Keesokan harinya pangeran Kidang dan para pasukannya datang ke kerajaan putri Shinta Dewi dengan membawa banyak emas, berlian,batu intan, dan barang berharga lainnya. Sang putri sangatlah senang dengan barang- barang berharga tersebut dan tidak sabar menemui sang pangeran. Namun, alangkah terkejutlah sang putri ketika melihat pangeran yang dikiranya berwajah tampan ternyata memiliki wajah seperti seekor hewan kijang.

Sang putri pun mencari cara agar pernikahan mereka batal. Sang putri mencari ide lain untuk mmebatalkan pernikahannya dengan pangeran Kidang. Ia meminta dibuatkan sumur oleh pangeran Kidang sendiri dalam sehari. Karena pangeran Kidang sangatlah sakti ia mampu membuat sumur tersebut dengan cepat.

Sang putri panik melihat hal tersebut dan memerintahkan kepada dayang dan pasukannya untuk menimbun tanah saat pangeran Kidang menggali sumur tersebut. Para dayang dan prajurit pun mematuhi perintah sang putri dan menimbun pangeran Kidang yang berada di dalam subur tersebut. Pangeran Kidang sangat marah dan mengutuk Shinta Dewi agar memilki keturunan yang berambut gimbal. Kemudia sumur tersebutpun meledak dan terbentuk kawah yang bernama kawah Sikidang.

Baca Artikel Terkait :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Legenda Kawah Sikidang, Asal Mula Rambut Gimbal Anak Dieng

  1. ADI

    emang dieng emang keren selain pemandangannya, gunung sindoro sumbing prau untuk pendakian dan juga acara adatnya ini, tapi pasti macet banget, semoga akses jalannya semakin baik lagi biar nanti festival dieng nya makin rame. buat kamu yang lagi nyari paket wisata pas festival dieng bisa buka websitenya diengcool.com

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *