Legenda Pohon Kekasih Sebagai Lambang Kemakmuran Di Hutan Madagaskar

Legenda Pohon Kekasih Sebagai Lambang Kemakmuran Di Hutan Madagaskar – Apa yang anda pikirkan tentang hutan ?

Hutan pada umumnya identik dengan pepohonan rimbun dalam balutan warna hijau dan warna – warna menarik lainnya.

asa

Berbeda dari hutan – hutan kecil biasanya, Madagaskar di Afrika tercatat memiliki hutan yang dipenuhi oleh bebatuan dalam bentuk – bentuk eksotik.

Hutan ini oleh masyarakat Eropa dikenal sebagai hutan batu terluas di dunia yang dinamakan dengan Tsingy de Bemaraha National Park.

Tersebar tak beraturan bebatuan jenis karst yang terbentuk secara alami di dalam pusat hutan yang mempunyai luas sekitar 666 km2.

Dilansir dari BBC, Kamis (12/11/2014), hutan tersebut di atas berlokasi di Melaky, sebelah barat Madagaskar.

Suasana hutan dari atas tampak sangat menyeramkan. Tsingy memiliki arti, dimana – mana orang kesulitan untuk keluar apalagi berjalan layaknya di sebuah pedesaan yang memiliki latarbelakang panorama alam begitu memukau.

Meskipun terkenal sebagai kawasan hutan lindung yang paling luas di dunia, masing – masing daerah dalam wujud pulau – pulau kecil di sekeliling Madagaskar adalah sangat menggoda untuk anda kunjungi bagi para traveller yang memiliki jiwa petualang ala backpacker.

Biasanya pada awal bulan April setiap tahun adalah hari libur internasional dimana ribuan remaja sebagai pelajar sekolah di mancanegara hingga para mahasiswa/wi berkelompok mengadakan studi tour ke bagian barat gugusan pulau – pulau tersebut dan mereka akan menuju ke area Tsingy de Bemahara untuk masuk ke wilayah Melaky.

Meskipun sebenarnya daerah ini bukanlah merupakan destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi oleh mereka sehingga ada larangan bahwa anak – anak yang masih berusia 5 dan 9 tahun tidak diperbolehkan turut serta.

Medan yang akan mereka lewati sangatlah tidak nyaman, namun anda jangan merasa khawatir karena beberapa pengusaha travel menyediakan jasa angkut sejenis pedati untuk peserta tour yang tidak kuat berjalan hingga jarak 18 kilometer.

Pukul 7 mereka akan bergerak meninggalkan Antananarivo, untuk melakukan perjalanan panjang menempuh jarak 10 jam perjalanan dengan memakai mobil sewaan jenis 4WD.

Pukul 5 sore, mereka tiba di Morondava, ibu kota Menabe, dimana daerah ini terkenal mempunyai pemandangan yang indah, dengan bentangan pantai berpasir putih dan sangat bersih juga dikelilingi oleh perkampungan nelayan yang bisa anda capai dengan menaiki sampan tradisional dari kayu.

Hasil lautnya sangat melimpah seperti ikan sejenis kakap, tuna, tongkol, kepiting, cumi – cumi raksasa, lobster, dan udang adalah mata pencaharian utama mereka selain bertani dimana hasil laut tersebut dijual kepada beberapa resto mewah yang khusus menyajikan menu andalan berupa seafood dengan baluran rempah – rempah khas Madagaskar.

Mereka menginap di daerah Selat Mozambik yang memiliki banyak mata air panas untuk berenang, dan pada waktu sore hari mereka bisa menikmati matahari terbenam bersama dengan latarbelakang semburat merah dan oranye di garis batas laut nun jauh di ufuk barat.

Esok pagi perjalanan dilanjutkan menuju daerah tetangga setelah berjalan sekitar 3 kilometer menggunakan mobil dan melalui jalan – jalan tikus yang berkelok – kelok lalu keluar dari area hutan – hutan kecil dan memasuki jalan utama untuk menuju ke jalanan tanah merah yang berkondisi sangat buruk apalagi ketika musim hujan tiba.

Beberapa ratus meter setelahnya, anda akan memasuki kawasan Allée des Baobabs, yaitu kawasan kampung kecil di daerah Mozambik dengan jalanan tanah yang diapit oleh pohon – pohon baobab raksasa yang berusia sangat tua yaitu sekitar 800 tahun dan memiliki bentuk unik dan eksotik seperti bonsai raksasa Jepang.

Pohon dari spesies adansonia ini dipercaya sebagai lambang kemakmuran dan kesuburan dari kehidupan masyarakat setempat, dan pada beberapa suku terpencil mempercayainya sebagai  renala ( yang artinya ibu belantara ), leluhur baik hati bagi kesuburan hutan – hutan di Madagaskar.

Sekitar tiga puluh pohon baobab tumbuh menjulang tinggi menantang langit biru yang mengapit jalan dan lebih seratus lainnya tersebar di dalam hutan Madagaskar tetapi dalam ukuran kecil – kecil.

Bentuknya unik dan khas mirip dengan botol jar atau botol – botol wine terbalik di Perancis, menghadirkan seribu satu imaji bagi yang memandangnya.

Pohon baobab tumbuh subur hingga mencapai ketinggian 5 sampai 30 meter dengan diameter batang kira – kira 7 sampai 11 meter.

Dari 9 spesies yang ada di hutan Madagaskar, 6 spesiesnya adalah dari jenis native atau asli Madagaskar, 2 spesies lainnya berasal dari daratan Benua Afrika dan Arabian Peninsula, dan 1 spesies adalah dari Australia.

Menurut budaya kuno beberapa suku terpencil yang hidup rukun dan damai di pulau – pulau kecil Madagaskar, legenda tentang pohon kekasih atau baobab amoureux sangatlah familiar hingga tersebar ke seluruh dunia, tapi hutan yang paling banyak ditumbuhi oleh pohon jenis ini adalah terletak 7 kilometer dari Allée des Baobabs.

Baobab amoureux merupakan dua batang pohon ukuran besar yang tumbuh subur dengan saling melilit antara pohon yang satu dengan pohon lainnya.

Beredar cerita kuno diantara mereka, konon, pada jaman dulu kala hiduplah sepasang kekasih yang saling mencinta, tapi mereka akhirnya tidak mungkin bisa melangsungkan pernikahan karena sudah sama – sama mempunyai pasangan yang dijodohkan oleh orang tua.

Baca Artikel Lainnya :

Dalam keputusasaan akan kondisi buruk menimpa nasib cinta mereka berdua, keduanya berdoa di bawah sebatang pohon baobabs besar dengan sepenuh hati berharap agar suatu hari nanti mereka bisa disatukan kembali.

Maka, sejak saat itu, tumbuhlah pohon jenis ini dalam jumlah ratusan di area hutan lebat Madagaskar, saling melilit satu dengan yang lainnya dan tak ingin dipisahkan seperti sepasang pengantin baru, tumbuh subur berabad – abad lamanya, dan menjadi inspirasi dari cerita rakyat Madagaskar yang terus dikisahkan hingga seluruh dunia.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *