Liberland, Negara Seluas Kecamatan Mampang Jakarta

Liberland, Negara Seluas Kecamatan Mampang Jakarta – Tahukah Anda negera Indonesia tercinta ini sangat luas? Ya, luas total keseluruhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini bahkan lebih dari 1,9 juta kilometer persegi yang meliputi daratan dan lautan.

Untitled

Namun ternyata di dunia ini terdapat sebuah negara yang baru terbentuk dengan luas wilayah hanya seluas kecamatan Mampang di Jakarta. Anda percaya?

Negara tersebut adalah negara Liberland. Sepetak wilayah di daratan Eropa yang diklaim menjadi sebuah negara. Liberland terletak di tepi barat sungai Danube, yang diapit dua negara besar yakni Kroasia dan Serbia.

Sang proklamator adalah seorang pria berkebangsaan Cekoslovakia, Vít Jedlička. Menurut IBTimees, pria ini juga dengan kepercayaan diri tinggi mengklaim dirinya sebagai presiden pertama negara yang baru terbentuk pada hari Senin (13/4/2015) lalu.

Jika Indonesia punya semboyan resmi “Bhinneka Tunggal Ika”, Vít Jedlička sang presiden juga membuat semboyan sendiri untuk negaranya ini yang berbunyi “To Live and Let Live” yang berarti Untuk Kehidupan Yang Selalu Hidup Berkembang. Terdengar sangat optimis untuk negara yang baru terbentuk 6 hari yang lalu ini.

Uniknya, negara baru ini belum mempunyai warga negara kecuali sang presiden karena memang wilayah ini tak berpenduduk.

Dengan kemauan teguh mengembangkan Liberland, sang presiden, Vít Jedlička juga tengah menyusun dasar konstitusi negara tanpa bantuan siapapun karena takut kemerdekaannya diusik orang lain.

Jedlička juga tengah membuka rekruitmen calon warga negara Liberland. Jedlička mengaku telah menerima lebih dari 3.000 orang pelamar (terlepas itu laaran serius atau hanya main-main) setiap harinya untuk menjadi bagian dari warga negara Liberland.

Jika Anda berminat mendaftar sebagai warga negara, Anda harus mengirim lamaran melalui email pribadi Jedlička karena memang belum ada email resmi negara Liberland.

Menurut infonya, negara Liberland hanya memiliki luas wilayah kurang lebih tujuh kilometer persegi. Jika dibandingkan dengan salah satu kawasan di Indonesia, negara Liberland tidak lebih luas dari kecamatan Mampang di Jakarta Selatan.

Kenapa demikian? Karena memang Kecamatan Mampang juga memiliki luas wilayah 7,73 kilometer persegi dengan 37 RW yang terdiri dari 411 RT. Sehingga jika Anda ingin membandingkan seberapa luas negara Liberland, maka Anda tinggal keliling saja di kawasan Mampang.

Baca Artikel Lainnya :

Meski demikian, Liberland tercatat bukanlah sebagai negara terkecil di dunia. Dimana negara dengan predikat negara terkecil di dunia masih diduduki negara Vatikan dengan luas wilayah kurang dari satu kilometer persegi dan negara Monako dengan luas wilayah kurang dari dua kilometer persegi. Anda berminat pindah ke Liberland? Sebaiknya Anda pikirkan matang-matang.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *