Lima Kesalahan Yang Sering Dilakukan Ibu Saat Memandikan Bayi

Lima Kesalahan Yang Sering Dilakukan Ibu Saat Memandikan Bayi – Memandikan bayi memang terdengar biasanya saja dan mudah dilakukan oleh para ibu, namun ternyata itu sangat sulit dan bahkan kebanyakan ibu mengeluh betapa sulitnya memandikan bayi dengan baik dan tepat. Memandikan bayi tersebut dikarenakan akan sangat mempengaruhi kulit bayi, dan juga kesehatan bayi sehingga dalam memandikan harus di lakukan dengan tepat dan juga benar.

1

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para ibu rumah tangga dalam memandikan bayi, oleh karena itu simak berikut lima kesalahan ibu memandikan bayi yang harus diketahui.

1. Memandikan bayi terlalu cepat

Memandikan bayi terlalu cepat merupakan kesalahan besar yang banyak dilakukan ibu atau orang tua dalam memandikan bayi mereka. Memandikan terlalu cepat memang mudah dan sangat relatif singkat dilakukan, namun pada kenyataan akan juga menimbulkan efek negatif juga bagi bayi, misalnya bayi mandi tidak bersih karena penyabunan yang dilakukan tidak menyeluruh dibagian tubuh bayi mereka dan juga  bisa juga bayi mengalami ketidak nyamanan ketika pemandian terlalu cepat.

2. Memandikan bayi keseringan

Selain memandikan cepat, anda juga tidak disarankan untuk memandikan bayi terlalu sering hal ini akan membuat si bayi anda keseringan menyukai air dan ingin selalu mandi walaupun tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Memandikan bayi terlalu sering ini juga akan mengakibatkan bayi kebiasaan akan hal tersebut, sehingga pemandikan keseringan harus dihindari. Namun sebaiknya memandikan bayi dengan tepat dan baik hanya dilakukan dua kali saja dalam sehari pagi dan sore hari.

3. Penggunaan produk beragam

Penggunaan produk beragam dan bervariasi memang tidak disarankan untuk bayi, karena sistem  kulit yang dimiliki oleh bayi masih cendrung mudah terinfeksi atau mudah iritasi sehingga hindari penggunaan produk yang beragam dan bervariasi. Jika ingin menggunakan produk, sebaiknya produk yang disarankan untuk bayi baik itu pelembab alami, pewangi dan memperhalus kulit bayi.

4. Pengaturan suhu air tidak tepat

Pengaturan suhu air tidak tepat memang harus di perhatikan, karena tingkat kenyamanan bayi biasanya suhu normal tidak terlalu dingin dan panas. Namun kebanyakan para ibu atau orang tua mengabaikan hal ini, sehingga mengakibatkan bayi tidak mau mandi bahkan mengalami kekasaran kulit serta mengalami kenyamanan saat di mandikan.

5. Takut dengan potongan pusar

Kebanyakan ibu rumah tangga yang baru saja melahirkan pertamanya, akan sangat takut melihat bagian pusar bayi yang baru saja di potong beberapa minggu. Namun untuk memandikan bayi yang masih ada bekas luka pusar akibat pemotongan, sebaiknya jangan memandikan terlebih dahulu hanya melakukan pengelapan saja dengan air hangat. Karena akan mengakibatkan infeksi atau iritasi pada bekas luka yang diakibatkan oleh pemotongan pusar bayi tersebut.

Baca juga :

Itulah lima kesalahan yang sering dilakukan ibu saat memandikan bayi semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *