Lima Menu Makanan Untuk Kesehatan Tulang Anak Anda

Tulang merupakan kerangka keras dan padat di dalam tubuh yang berfungsi menopang tubuh manusia. Tanpa tulang, manusia akan mengalami kesulitan bergerak. Itulah mengapa kesehatan tulang perlu dijaga.

e 59

Ada berbagai penyakit yang menandakan kerusakana seperti skoliosis, rakhitis, osteopororsis, kiposisi dan berbagai penyakit tulang lainnya. Hal ini jelas mengganggu aktivitas harian manusia, karena biasanya penyakit tulang akan memiliki efek perubahan postur tubuh yang juga akan mempengaruhi kemampuan kita untuk bergerak bebas.

Pertmbuhan dan kesehatan tulang sebaiknya dirawat dan diperhatikan sejak dini. Usia muda adalah awal terjadinya pembentukan tulang yang sempurna. Selain asupan nutrisi yang bergizi, diperlukan pula perawatan tulang melalui aktivitas olah raga ringan seperti jogging ataupun yoga.

Nutrisi bagi tulang didapatkan dari asupan makan yang kita konsumsi sehari – hari. Sebaiknya makanan yang dkonsumsi mengandung unsure kalsium, zat besi dan zat kapur yang cukup karena ketiga zat tersebut nmerupakan zat utama pembangun strukturn tulang.

Mengingat bahwa pertumbuhan tulang dimulai sejak janin terbentuk hingga dewasa, berikut adalah lima contoh menu makanan bagi anak anda:

1. Nasi Tim, salmon, keju

Cara membuatnya hampir sama dengan membuat nasi tim pada umumnya, hanya saja campuran yang diberikan kali ini adalah salmon dan parutan keju untuk menambah cita rasa sehingga dapat merangsang selera makan buah hati anda.

2. Minum susu

Agar rutinitas minum susu tidak membisankan cobalah untuk mencampur susu dengan buah buahan seperti strawberry, buah berries (cranberry, bluberry, blackberry) atau pisang yang dirisi kecil dan dicampur dengan susu.

Berikan sendok kecil pada anak sebelum menikmati cara minum susu yang baru tersebut untuk menyuapkan irisan buah ke dalam mulutnya.

3. Brokoli keju panggang

Menu ini dapat dijadikan kudapan sehat bagi anak – anak. Cara membuatnya mudah saja, yaitu potong brokoli. Letakkan di dalam mangkok tahan panas/ Loyang alumunium (ini tergantung jenis pemanggang yang anda gunakan, oven kaleng atau oven eletronik).

Kemudian siapkan keju parut cheddar, susu cair whole milk, sebutir telur, keju dan lada secukupnya kemudian kocok dalam satu wadah, kemudian panggang.

Ketika matang, kudapan ini pasti akan disukai oleh anak anda.

4. Roasted almond

Kacang almond terbukti mengandung kadar kalsium tinggi di dalama setiap porsinya. Kudapan roasted almond ini sangat mudah dibuat. Kacang almond mentah di letakkan menyebar di atas Loyang tipis, pastikan agar tidak menumpuk sehingga setiap kacang almond yang ada dapat terpanggang sempurna dan renyah.

Panggang selama beberapa menit hingga berwarna kuning kecoklatan. Kemudian angka dan almond siang untuk dinikmati. Jika hendak memakannya dikemudian hari, simpan roasted almond di dalam wadah kedap udara.

5. Cah brokoli salmon.

Bahan membuatnya sangatlah sederhana, yaitu bawang putih, minyak wijen, dan saus tiram. Bawang putih ditumis terlebih dahulu dengan minyak wijen sampai harum. Masukkan saus tiram dan tambah sedikit gula, kemudian masukkan brokoli.

Baca Artikel Lainnya :

Setelah matang. Sajikan brokoli dengan salmon yang telah digoreng dengan menggunakan tepung bumbu. Menu ini dapat digunakan sebagai menu makan siang ataupun makan malam.

Demikianlah 5 menu yang dapat anda praktekan untuk menjaga kesehatan tulang buah hati anda. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *