Lingkungan Semakin Teduh dengan Pohon Johar Berbunga Kuning

Lingkungan Semakin Teduh dengan Pohon Johar Berbunga Kuning – Pohon Johar (Senna siamea) merupakan sebuah pohon peneduh yang memiliki bunga khas dengan warna kuning. Berkat bunga malai-nya yang berwarna kuning serta dedaunan rimbun hijau, sangat tidak heran jika Pohon Johar bukan hanya mampu memberikan keteduhan tetapi juga memberikan pemandangan yang lebih indah. Oleh karena itu pohon ini seringkali dijadikan sebagai tanaman hias, pohon penduh atau penghijauan hingga tanaman penaung di taman-taman.

a

Nama-nama pohon johar

Di Indonesia sendiri tumbuhan yang tergolong sebagai keluarga Leguminosae ini cenderung populer dengan nama Johar. Sementara di beberapa daerah juga disebut dengan sejumlah nama-nama yang lainnya seperti halnya Juwar atau Juar (Jawa, Betawi dan Sunda), Jati Wesi (Jawa), Johor (Melayu), serta Bujuk atau Dulang di kawasan Sumatera. Maka dari itu tidak heran jika akan ditemui sebutan berbeda untuk pohon peneduh berbunga kuning yang cantik ini.

Struktur batang pohon johar

Pohon Johar tergolong sebagai tumbuhan dengan berukuran kecil sampai dengan sedang. Tingginya hanya berkisar antara 5-20 meter dengan batang lurus, bulat dan pendek. Pepagan atau kulit batangnya berwarna abu-abu kecoklatan. Sementara percabangannya melebar serta membentuk tajuk yang cenderung membulat. Akar dari Pohon Johar sendiri bahkan termasuk ke dalam jenis akar tunggang.

Struktur Daun dan Akar Pohon Johar

Untuk daun dari tumbuhan Johar ini menyirip genap. Warnanya terlihat hijau gelap serta mengkilat pada bagian sisi atas. Sementara sisi bawah daunnya berwarna hijau kusam dengan rambut-rambut halus pada sisi bagian bawahnya. Panjang daun dari Pohon Johar ini berkisar antara 10 hingga 35 cm. Sedangkan anak daunnya berjumlah 4 hingga 16 pasang, sedikit lebih menjangat, serta memiliki daun dengan potongan atau bentuk jorong hingga membentuk bulat telur. Terlihat sangat indah ketika digunakan sebagai tanaman hias di taman-taman kota dengan fungsi ganda.

Manfaat pohar johar bagi masyarakat

Pohon Johar seperti yang sudah diketahui banyak digunakan sebagai tanaman penghijauan, tanaman hias dan tanaman peneduh di tepi jalan maupun lingkungan taman. Selain itu juga digunakan warga sebagai tanaman tepi, tanaman sela maupun tanaman penghalang angin di area perkebunan kakao, teh dan kopi. Bahkan Pohon Johar juga dapat menghasilkan kayu yang awet dan keras, terutama jika digunakan sebagai kayu bagian teras sehingga seringkali dimanfaatkan dalam proses pembangunan jembatan maupun tiang pembangunan. Selain karena awet, hal ini dikarenakan motif dari serat kayu Johar yang unik dan menarik sehingga sangat digemari dalam proses pembuatan panel dekoratif dan mebel, misalnya saja seperti sejumlah furniture berbahan kayu (kursi, almari, meja dan masih banyak lagi) yang saat ini dinilai memiliki nilai estetika tinggi dan lebih tahan lama dibanding dengan jenis mebel berbahan lain.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Lingkungan Semakin Teduh dengan Pohon Johar Berbunga Kuning

  1. Pingback: Aurora, Fenomena Cahaya Langit Menawan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *