Macam dan Jenis Antibiotika yang Paling Sering Digunakan

Perubahan iklim dan cuaca yang sangat signifikan akibat dari pemanasan global telah banyak mengakibatkan berbagai hal yang sangat merugikan. Berbagai penyakit akibat hal tersebut juga sering muncul.

Tubuh manusia seakan semakin lemah dengan keadaan ini dari waktu ke waktu. Nah untuk mengatasi hal tersebut berikut adalah beberapa jenis antibiotik yang sering digunakan dan mudah diperoleh. Check it out!

q 156

  1. Penicillins

Merupakan antibiotik yang sangat mudah ditemui dipasaran. Antibiotik ini akan merukan dinding sel bakteri penyebab penyakit.

Biasanya antibiotik ini digunakan untuk mengobati infeksi yang terjadi pada kulit, mata, gigi, telinga, serta system pernapasan. Contoh dari antibiotik ini antara lain, nafsilin, oksasilin, amoksilin, penisilin V, dll.

  1. Makrolida

Merupakan antibiotik yang juga menyerang pembentukan bakteri penyebab penyakit. Antibiotik ini akan menyerang bakteri dengan biosintesis pada proteinnya.

Antibiotik ini biasanya digunakan untuk mengobati infeksi pada saluran pencernaan dan saluran pernapasan.

Akan tetapi, antibiotik ini akan menyebabkan pengkonsumsinya mengalami mual, pusing, dan diare. Sehingga, untuk ibu yang tengah mengandung dilarang mengkonsumsi antibiotik jenis ini.

  1. Polipeptida dan Tetrasiklin

Merupakan antibiotik yang pada umumnya akan digunakan sebagai obat gangguan atau infeksi pada telinga, saluran kandung kemih, dan juga saaluran pernafasan. Dan efek dari antibiotik ini dapat mengalami gangguan pada liver atau hati.

  1. Cephalosporins

Merupakan antibiotik yang juga menyerang pembentukan bakteri penyebab penyakit. Antibiotik ini akan mengobati alergi atau infeksi seperti gonorhoe, meningitis, dll. Antibiotik ini diberikan kepada pasien yang alergi terhadap penicillin.

  1. Aminoglycosides

Merupakan antibiotik yang juga menyerang pembentukan bakteri penyebab penyakit. Antibiotik ini dapat mengobati penyakit typus dan paru-paru atau pneumonia.

Akan tetapi, antibiotik ini dapt menyebabkan penderitanya mengalami penyakit yang lebih parah karena bakteri yang seharusnya dihancurkan justru melakukan mutasi dan tahan terhadap antibiotik ini.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa jenis antibiotik yang sering digunakan didunia medis pada umumnya. Meskipun demikian, kita diharapkan tetap menjaga kesehatan apalagi dengan perubahan cuaca yang sangat ekstrim seperti sekarang ini. So, berhati-hatilah!

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *